HEGEMONI E-COMMERCE (Studi Deskriptif tentang Hegemoni e-commerce di Masyarakat Surabaya)

Zahrul Ma’arif Alwatoni, 071411433021 (2018) HEGEMONI E-COMMERCE (Studi Deskriptif tentang Hegemoni e-commerce di Masyarakat Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.S.64 18 Alw h.pdf

Download (45kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.S.64 18 Alw h.pdf
Restricted to Registered users only until 26 October 2021.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.S.64 18 Alw h.pdf

Download (592kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam dekade ini, marketplace-marketplace besar yang berbasis e-commerce mulai bermunculan satu per satu baik dari investor lokal maupun investor asing. Indonesia yang mempunyai enam puluh tiga juta pengguna internet menjadikan peluang besar bagi para pelaku bisnis utamanya dewasa ini adalah e-commerce. Surabaya yang menjadi salah satu kota besar di Indonesia memiliki hampir satu juta pengguna internet. Data yang ada mengungkapkan Surabaya memiliki rata-rata berbelanja secara online sekitar 2,3 juta. Dengan besarnya minat masyarakat Surabaya berbelanja online pasti ada proses penguasaan atau strategi yang digunakan pelaku bisnis e-commerce atau perusahaan e-commerce untuk meng-hegemoni masyarakat Surabaya. Oleh sebab itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul Hegemoni E-commerce. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan paradigma dari definisi sosial, memfokuskan pada proses terjadinya hegemoni ecommerce di masyarakat Surabaya. Menggunakan teknik purposive, observasi, wawancara mendalam untuk pengambilan data yang selanjutnya dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan, terjadinya hegemoni melalui e-commerce pada masyarakat kota Surabaya terjadi karena adanya pengaruh dari sekeliling lingkungan yang mendukung untuk melakukan perilaku tersebut, baik dari segi media, cara, bahkan dukungan dari pihak lain yang mempengaruhi untuk melakukan belanja melalui e-commerce. Adanya fasilitas dan promo-promo yang menarik yang ditawarkan berupa promo potongan harga, promo gratis ongkir, layanan bayar ketika barang sudah sampai (cost of delivery), serta layanan pembayaran cicilan, membuat masyarakat yang awalnya tidak ingin membeli di e-commerce menjadi tertarik untuk membeli. Inilah yang menjadi kekuatan utama dari e-commerce dalam menghegemoni masyarakat Surabaya untuk berbelanja di e-commerce.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.S.64/18 Alw h
Uncontrolled Keywords: e-commerce, hegemoni, masyarakat, perilaku konsumtif
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF1-6182 Commerce
T Technology > T Technology (General) > T1-995 Technology(General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Zahrul Ma’arif Alwatoni, 071411433021UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorBagong Suyanto, Prof., Dr., Drs., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 26 Oct 2018 10:38
Last Modified: 26 Oct 2018 10:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/75151
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item