MEKANISME SURVIVAL PELAKU MIGRASI COMMUTER DI JAWA TIMUR (Studi Pada Pelaku Migrasi Commuter Pengguna Kereta Api Lokal Dari Mojokerto Ke Surabaya)

DIANA NENSY WAHYU EKA PERMATA SARI, 071411431064 (2018) MEKANISME SURVIVAL PELAKU MIGRASI COMMUTER DI JAWA TIMUR (Studi Pada Pelaku Migrasi Commuter Pengguna Kereta Api Lokal Dari Mojokerto Ke Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.S.70 18 Sar m.PDF

Download (19kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.S.70 18 Sar m.PDF
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.S.70 18 Sar m.PDF

Download (189kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Migrasi penduduk merupakan salah satu dari ketiga faktor dasar yang terjadi sehari-hari yang mewarnai pertumbuhan dan perkembangan penduduk di berbagai tempat selain faktor lain yakni kelahiran dan kematian. Migrasi commuter menjadi tren akhir-akhir ini karena padatnya daerah perkotaan serta transportasi semakin lancar membuat penduduk lebih memilih untuk bertempat tinggal di pinggiran kota. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian kualitatif untuk mengungkap dan menjawab Studi ini memfokuskan pada mekanisme survival pekerja commuter terutama pengguna kereta api lokal yang berasal dari kota mojokerto. Informan dalam kajian ini berjumlah tujuh, yang merupakan pekekerja commuter pengguna kereta api lokal yang berasal dari kota Mojokerto yang bekerja Dikota Surabaya. Teknik penentuan informan yang digunakan adalah snowball dan accidental. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam dan studi pustaka. Hasil dari penelitian ini antara lain: (1) Pekerja commuter untuk dapat bertahan menjadi commuter mereka juga melakukan perilaku ekonomis yang berorientasi subsistensi. (2) Pekerja migran commuter disini mengalami permasalahan mereka ketika pembelian tiket karena mereka harus bekerja dan jam buka loket ini pada jam kerja agar tidak kehabisan tiket akhirnya mereka memanfaatkan jaringan dan lembaga di luar lingkungan keluarga yang dapat untuk membantu memesan tiket kereta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.S.70/18 Sar m
Uncontrolled Keywords: Migrasi, commuter, mekanisme survival
Subjects: J Political Science > JV Colonies and colonization. Emigration and immigration. International migration
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK5105 Computer networks and Data transmission systems
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
DIANA NENSY WAHYU EKA PERMATA SARI, 071411431064UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSubagyo Adam, Prof., Dr., Drs., MS.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 05 Nov 2018 11:49
Last Modified: 09 Nov 2018 08:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/75160
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item