UPAYA PENINGKATAN PREPARING TO EXCEL IN EMERGENCY RESPONSE (PEER) PROJECT PADA KAPASITAS PERSONAL DAN KELEMBAGAAN (Studi Kasus Pada Pos Keadilan Peduli Umat Human Initiative Dan Muhammadiyah Disaster Management Center)

Muhammad Kaimuddin, 091524753002 (2018) UPAYA PENINGKATAN PREPARING TO EXCEL IN EMERGENCY RESPONSE (PEER) PROJECT PADA KAPASITAS PERSONAL DAN KELEMBAGAAN (Studi Kasus Pada Pos Keadilan Peduli Umat Human Initiative Dan Muhammadiyah Disaster Management Center). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
MMB. 04-18 Kai u Abstrak.pdf

Download (145kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
MMB. 04-18 Kai u.pdf
Restricted to Registered users only until 1 November 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kapasitas untuk merespon bencana memiliki rentang yang cukup jauh sehingga memunculkan banyaknya kritik terhadap penanggulangannya. Prakarsa program Preparing to Excel in Emergency Response (PEER) Project untuk peningkatan kapasitas personil dan kelembagaan dalam setahun menunjukkan bahwa tidak semua daerah mengalami peningkatan kapasitas. Kapasitas lembaga yang masih rendah serta kualitas respon yang menurun menjadi fokus perhatian dalam penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa dan merekomendasikan upaya peningkatan PEER Project melalui kapasitas personal, kapasitas trainer terhadap kapasitas kelembagaan. Jenis penelitian ini adalah survei bersifat explanatory menggunakan metode kuantitatif dan desain Observational Crosssectional Survey Observational. Populasi terdiri dari peserta pelatihan PEER Project dari kantor pusat dan delapan cabang terdiri dari peserta latih dan trainer. Kapasitas personal, kapasitas trainer, kapasitas dan manajemen sumberdaya, monitoring evaluasi akuntabilitas dan pembelajaran dan mobilisasi sumberdaya sebagai variabel independen dan kapasitas lembaga sebagai variabel dependen. Instrumen penelitian menggunakan kuisioner online. Hasil penelitian menunjukkan nilai p dari semua variabel lebih kecil daripada 0,05 kecuali variabel kapasitas personal. Variabel kapasitas trainer, kapasitas dan manajemen sumberdaya, monitoring evaluasi akuntabilitas dan pembelajaran dan mobilisasi sumberdaya adalah variabel yang berhubungan secara signifikan dengan kapasitas lembaga. Variabel mobilisasi sumberdaya dan kapasitas trainer sebagai komponen paling berpengaruh terhadap kapasitas lembaga dengan p value terendah masing-masing sebesar 0,018 dan 0,013. Nilai odds ratio terbesar yang diperoleh yaitu 12,433 artinya peserta yang menganggap kapasitas trainernya tinggi mempunyai peluang 12,433 kali lebih tinggi dibanding yang menganggap kapasitas trainer yang rendah mempengaruhi kapasitas lembaga.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 MMB. 04-18 Kai u
Uncontrolled Keywords: kapasitas personal, kapasitas lembaga, PEER Project
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Muhammad Kaimuddin, 091524753002UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSetya Haksama, drg., M.KesUNSPECIFIED
ContributorSamsriyaningsih Handayani, dr., M.Kes., M.Ed., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 01 Nov 2018 09:18
Last Modified: 01 Nov 2018 09:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/75239
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item