ASUHAN KEPERAWATAN GERONTIK DENGAN MASALAH KEPERAWATAN ANSIETAS PADA PASIEN PRA OPERASI BPH (BENIGNA PROSTAT HIPERPLASIA)

YENI MATURAHMAN, 151511913167 (2018) ASUHAN KEPERAWATAN GERONTIK DENGAN MASALAH KEPERAWATAN ANSIETAS PADA PASIEN PRA OPERASI BPH (BENIGNA PROSTAT HIPERPLASIA). Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRACT_FV.KP.06 18 Mat a.pdf

Download (335kB) | Preview
[img] Text (FULLTEX)
FULL TEXT_FV.KP.06 18 Mat a.pdf
Restricted to Registered users only until 1 November 2021.

Download (2MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Lanjut usia adalah seseorang yang berumur ≥60 tahun ke atas. Dimana proses menghilangnya secara perlahan-lahan kemampuan jaringan untuk memperbaiki diri dan mempertahankan struktur dan fungsi normalnya, sehingga tidak dapat memperbaiki kerusakan yang diderita (Basuki, 2008). Tujuan Karya Tulis Ilmiah ini adalah untuk memperoleh gambaran dan pengalaman langsung dalam memberikan asuhan keperawatan Ansietas pada Pasien BPH Pra Operasi. Tujuan Karya tulis ilmiah ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Partisipan 1 pasien Lanjut usia Benigna Prostat Hiperplasia(BPH) dengan masalah kecemasan berhubungan dengan persiapan operasi Benigna Prostat Hiperplasia (BPH) di Ruang Dahlia RSUD Ibnu Sina Kabupaten Gresik. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan wawancara, observasi, pemeriksaan fisik, studi dokumentasi, dan studi pustaka. Setelah data terkumpul dilakukan analisa data menggunakan proses keperawatan. Pada kasus Tn.“A” dengan masalah kecemasan setelah dilakukan tindakan keperawatan selama 3 hari, dimulai dari pengkajian, merumuskan diagnosa, didapatkan satu diagnosa dan sesuai dengan teori yang ada, melakukan intervensi dan mengimplementasikan salah satunya yaitu membina hubungan saling percaya dengan pasien, mengucapkan salam terapeutik setiap berinteraksi dengan klien, memperkenalkan nama dan tujuan berkenalan, membantumengenal ansietas, menanyakan masalah yang dihadapi, membantu pasien menguraikan perasaannya, membantu menjelaskan situasi yang menimbulkan ansietas, membantu pasien mengenal penyebab ansietas, membantu pasien menyadari perilaku akibat ansietas, mengajarkan teknik relaksasi dengan pengalihan situasi, menciptakan lingkungan yang nyaman, membatasi pengunjung yang datang, melarang pengunjung memberikan informasi yang menakut-nakuti klien. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan tidak terdapat kesenjangan antara tinjauan teori dan kasus.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: FV.KP.06/18 Mat a
Uncontrolled Keywords: Asuhan Keperawatan, Kecemasan, Gerontik , Benigna Prostat Hiperplasia (BPH)
Subjects: R Medicine
R Medicine > RT Nursing
Divisions: 17. PSDKU Gresik
Creators:
CreatorsEmail
YENI MATURAHMAN, 151511913167UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorLestari Sudaryanti, Dr.dr..M.KesUNSPECIFIED
ContributorRindayati, S.Kep..Ns.M.KepUNSPECIFIED
Depositing User: Arry Punanta
Date Deposited: 27 Mar 2019 06:27
Last Modified: 27 Mar 2019 06:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/75257
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item