ANALISIS PERBANDINGAN PENGARUH KEPEMILIKAN MANAJERIAL DAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA BUMN DAN PERUSAHAAN ASING (NON PERBANKAN) YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2014-2016

AMINI MAULIDA, NIM: 041211331264 (2018) ANALISIS PERBANDINGAN PENGARUH KEPEMILIKAN MANAJERIAL DAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA BUMN DAN PERUSAHAAN ASING (NON PERBANKAN) YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2014-2016. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
A 355_18 Mau a ABSTRAK.pdf

Download (111kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
A 355_18 Mau a.pdf
Restricted to Registered users only until 2 November 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Manajemen laba timbul sebagai dampak dari masalah keagenan yaitu adanya konflik kepentingan antara pemilik dan manajemen. Masalah keagenan tersebut dapat diminimalisir melalui mekanisme pengendalian yang efektif. Pemahaman terhadap kepemilikan perusahaan sangat penting karena berkaitan dengan pengendalian operasional perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan pengaruh kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional terhadap manajemen laba pada BUMN dan perusahaan asing. Berdasarkan kriteria penentuan perusahaan sampel yang menggunakan purposive sampling diperoleh 311 perusahaan yaitu 48 BUMN dan 263 perusahaan asing (non keuangan) yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2016. Variabel dependen yaitu manajemen laba. Variabel bebas kepemilikan manajerial dan kepermilikan institusional, serta menggunakan variabel kontrol antara lain ukuran perusahaan, ROA, leverage, dan pertumbuhan penjualan. Penelitian yang menggunakan uji hipotesis analisis regresi linear berganda dan uji beda Mann-whitney ini menunjukkan bahwa secara simultan variabel kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba pada BUMN dan perusahaan asing. Secara parsial kepemilikan manajerial berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap manajemen laba pada BUMN, namun kepemilikan manajerial berpengaruh positif dan tidak signifikan pada perusahaan asing. Penelitian ini juga menunjukkan secara parsial kepemilikan institusional berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap manajemen laba pada BUMN maupun perusahaan asing. Terdapat perbedaan yang signifikan terhadap manajemen laba dan ukuran perusahaan pada perusahaan BUMN dan perusahaan asing, sedangkan untuk proporsi kepemilikan saham manajerial dan institusional, Leverage, ROA, dan pertumbuhan penjualan pada perusahaan BUMN dan asing tidak terdapat perbedaan yang signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A 355/18 Mau a
Uncontrolled Keywords: Manajemen Laba, Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, BUMN, Perusahaan Asing
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
T Technology > TS Manufactures
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsEmail
AMINI MAULIDA, NIM: 041211331264UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ConsultantHamidah, Dr., SE., M.Si.,Ak., CMA., CAUNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 02 Nov 2018 14:29
Last Modified: 02 Nov 2018 14:29
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/75266
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item