AKUNTABILITAS PENGELOLAAN BANTUAN OPERASIONAL KESEHATAN DI PUSKESMAS PULO LOR KABUPATEN JOMBANG

ALFIAN FIKRI DWI NIZARI, NIM : 041113156 (2018) AKUNTABILITAS PENGELOLAAN BANTUAN OPERASIONAL KESEHATAN DI PUSKESMAS PULO LOR KABUPATEN JOMBANG. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
A 358_18 Niz a ABSTRAK.pdf

Download (152kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
A 358_18 Niz a.pdf
Restricted to Registered users only until 5 November 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Demi mencapai target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan terus melaksanakan perbaikan pelayanan kesehatan baik dari segi sarana, prasarana, sumber daya manusia, dan pembiayaan. Salah satu upaya perbaikan pelaksanaan pelayanan kesehatan yang dilakukan pemerintah adalah dengan meluncurkan program Bantuan Operasional Kesehatan (BOK). Pada pengelolaan BOK, Puskesmas memiliki peran sebagai unit kerja bagi SKPD (Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota). Puskesmas merupakan ujung tombak pelaksanaan programprogram BOK sekaligus pendukung kegiatan akuntansi bagi SKPD. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk akuntabilitas pengelolaan dana Bantuan Operasional Kesehatan di Puskesmas Pulo Lor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara mendalam dengan informan kunci, observasi partisipasi, serta bahan dokumenter. Penelitian ini menunjukan bahwa dalam pengelolaan BOK, Puskesmas Pulo Lor telah menerapkan prinsip akuntabilitas yang terdiri atas akuntabilitas keuangan, akuntabilitas kinerja, dan akuntabilitas demokrasi. Kendala utama yang dihadapi Puskesmas Pulo Lor dalam pengelolaan BOK adalah terkait dengan waktu turunnya dana. Kementerian Kesehatan perlu menerapkan skema penyaluran dana yang lebih tepat waktu agar tidak perlu lagi ada peminjaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A 358/18 Niz a
Uncontrolled Keywords: akuntabilitas, puskesmas, Bantuan Operasional Puskesmas, pengelolaan dana
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ9701-9940 Public accounting. Auditing
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
ALFIAN FIKRI DWI NIZARI, NIM : 041113156UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantErina Sudaryati, Dra., Dr., MS., CMA., CA., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 05 Nov 2018 09:03
Last Modified: 05 Nov 2018 09:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/75274
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item