PERBEDAAN EKSPRESI CASPASE-3 ORGAN HEPAR DAN LIEN PADA HEWAN COBA Rattus Norvegicus YANG DIINFEKSI BAKTERI Streptococcus Pyogenes DAN Acinetobacter Baumannii

Nurul Amalia, 091614353014 (2018) PERBEDAAN EKSPRESI CASPASE-3 ORGAN HEPAR DAN LIEN PADA HEWAN COBA Rattus Norvegicus YANG DIINFEKSI BAKTERI Streptococcus Pyogenes DAN Acinetobacter Baumannii. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
TI. 07-18 Ama p Abstrak.pdf

Download (22kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
TI. 07-18 Ama p.pdf
Restricted to Registered users only until 5 November 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Streptococcus pyogenes sebagai bakteri penghasil eksotoksin penyebab paling umum pada infeksi faringitis. Bakteri Acinetobacter baumannii sebagai bakteri penghasil endotoksin ditemukan pada infeksi nosokomial. Infeksi yang sudah menyebar ke seluruh organ dengan sistem imun tubuh menurun akan mengalami apoptosis pada organ hepar dan lien. Caspase-3 merupakan death protease yang sering diaktivasi mediator apoptosis. Semakin tinggi ekspresi caspase-3 makin tinggi keparahan penyakit dan menyebabkan organ mengalami disfungsi atau kegagalan. Penelitian ini bertujuan melihat ekspresi caspase-3 pada organ hepar dan lien hewan coba Rattus Norvegicus yang diinfeksi oleh bakteri Streptococcus pyogenes dan Acinetobacter baumannii. Jenis penelitian adalah true experimental dengan rancangan penelitian posttest only control group design. Tikus dipilih secara acak dan dinjekesikan 1ml (PZ, suspense bakteri A.baumannii dan S. pyogenes) pada bagian peritoneum di kuadran 3 untuk masing-masing kelompok hewan coba dan diamati selama 24 jam. Setelah 24 jam dilakukan pembedahan untuk pengambilan organ hepar dan lien. Jaringan organ di fiksasi kedalam buffer formalin dan dilakukan tissue preparation untuk IHC caspase-3. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat mortalitas hewan coba Rattus Norvegicus dengan infeksi bakteri A.baumannii lebih tinggi dibandingkan infeksi bakteri S.pyogenes. Ekspresi Caspase-3. pada organ hepar kelompok A.baumannii sebesar 48, S.pyognes sebesar 22.5 dan kontrol 9.5. Nilai rata-rata indeks caspase-3 pada organ lien kelompok A.baumannii sebesar 28.5, S.pyogenes sebesar 17 dan kontrol 4.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK TI. 07-18 Ama p
Uncontrolled Keywords: Apoptosis, caspase-3 , Streptococcus pyogenes, Acinetobacter baumannii
Subjects: Q Science > QR Microbiology > QR180 Immunology
Q Science > QR Microbiology > QR75-99.5 Bacteria
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Imunologi
Creators:
CreatorsNIM
Nurul Amalia, 091614353014UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAgung Dwi Wahyu Widodo, Dr., dr., M.Si., M.Ked.Klin., Sp.MKUNSPECIFIED
Thesis advisorWilly Sandhika, Dr., dr., M.Si., Sp. PA (K).UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 05 Nov 2018 10:27
Last Modified: 05 Nov 2018 10:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/75278
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item