PERAN MEDIASI INTELLECTUAL CAPITAL PADA PENGARUH STRUKTUR KEPEMILIKAN TERHADAP PROFITABILITAS (Studi Empiris pada Industri Teknologi ASEAN Tahun 2012-2016)

NILTA AMELINA, 041411331119 (2018) PERAN MEDIASI INTELLECTUAL CAPITAL PADA PENGARUH STRUKTUR KEPEMILIKAN TERHADAP PROFITABILITAS (Studi Empiris pada Industri Teknologi ASEAN Tahun 2012-2016). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
A 360_18 Ame p ABSTRAK.pdf

Download (115kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
A 360_18 Ame p.PDF
Restricted to Registered users only until 6 November 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepemilikan asing, kepemilikan institusional, dan kepemilikan manajerial terhadap profitabilitas yang diproksikan dengan return on asset dengan intellectual capital sebagai variabel mediasi. Modified Value Added Intellectual Coefficient (MVAIC) digunakan pada penelitian ini untuk mengukur intellectual capital. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah industri teknologi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI), Bursa Malaysia (BM), Philippines Stock Exchange (PSE), Singapore Stock Exchange (SGX), dan Stock Exchange of Thailand (SET). Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 433 sampel yang ditentukan dengan metode purposive sampling. Metode analisis menggunakan path analysis dengan bantuan SPSS 22.0 dan uji Sobel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemilikan asing berpengaruh terhadap profitabilitas. Kepemilikan institusional berpengaruh terhadap profitabilitas. Kepemilikan manajerial tidak berpengaruh terhadap profitabilitas. Kepemilikan asing berpengaruh terhadap intellectual capital. Kepemilikan institusional berpengaruh terhadap intellectual capital. Kepemilikan manajerial tidak berpengaruh terhadap intellectual capital. Intellectual capital berpengaruh terhadap profitabilitas. Secara keseluruhan penelitian ini membuktikan bahwa intellectual capital mampu bertindak sebagai mediator antara kepemilikan asing dan profitabilitas. Selain itu intellectual capital mampu bertindak sebagai mediator antara kepemilikan institusional dan profitabilitas. Namun intellectual capital tidak mampu bertindak sebagai mediator antara kepemilikan manajerial dan profitabilitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A 360/18 Ame p
Uncontrolled Keywords: Profitabilitas, Intellectual Capital, Kepemilikan Asing, Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajerial.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4501-6051 Investment, capital formation, speculation
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
NILTA AMELINA, 041411331119UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantBambang Tjahjadi, Prof. Dr., MBA., CPM., CMA., CA., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 06 Nov 2018 10:55
Last Modified: 07 Nov 2018 12:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/75322
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item