PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, TIPE INDUSTRI, DAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN LINGKUNGAN

IQHBAL HISYAMFIKAR SATRIA JOHAN, NIM: 041411331210 (2018) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, TIPE INDUSTRI, DAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN LINGKUNGAN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
A 363_18 Joh p ABSTRAK.pdf

Download (27kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
A 363_18 Joh p.pdf
Restricted to Registered users only until 6 November 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pengungkapan lingkungan merupakan salah satu upaya perusahaan untuk tidak hanya fokus pada keuntungan yang diperoleh, melainkan juga alam sekitar. Mengacu pada teori legitimasi, perusahaan akan mengikuti nilai-nilai yang dipegang dalam masyarakat, mengingat bahwa masyarakat memiliki peranan penting sebagai stakeholder. Berkaitan dengan hal tersebut, banyak faktor yang mempengaruhi perusahaan dalam melakukan pengungkapan lingkungan, namun dalam hal ini, penelitian akan berfokus pada ukuran perusahaan, profitabilitas, tipe industri, dan kepemilikan institusional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, tipe industri, dan kepemilikan institusional perusahaan, dengan kaitannya terhadap pengungkapan lingkungan perusahaan. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dan didapatkan sampel sebanyak 136 perusahaan manufaktur yang tercatat di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2016. Metode analisis hipotesis yang digunakan adalah regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh tiap variabel bebas terhadap variabel terikat. Dari hasil uji yang menggunakan tingkat signifikansi sebesar 5%, menunjukkan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengungkapan lingkungan. Sama halnya dengan ukuran perusahaan, profitabilitas pun berpengaruh positif dan signifikan. Sementara itu tipe industri didapati berpengaruh namun tidak signifikan terhadap pengungkapan lingkungan, sedangkan kepemilikan institusional perusahaan berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap pengungkapan lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A 363/18 Joh p
Uncontrolled Keywords: Kepemilikan Institusional, Pengungkapan Lingkungan, Profitabilitas, Tipe Industri, Ukuran Perusahaan.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD9720-9975 Manufacturing industries
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
IQHBAL HISYAMFIKAR SATRIA JOHAN, NIM: 041411331210UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ConsultantIsnalita, Dr., Dra., M.Si., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 06 Nov 2018 13:59
Last Modified: 06 Nov 2018 13:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/75326
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item