PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL, KEPEMILIKAN SAHAM DAN FIRM GROWTH TERHADAP FINANCIAL DISTRESS DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

MUHAMMAD ISAMESAL, NIM: 041113044 (2018) PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL, KEPEMILIKAN SAHAM DAN FIRM GROWTH TERHADAP FINANCIAL DISTRESS DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
A 369_18 Isa p ABSTRAK.pdf

Download (163kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
A 369_18 Isa p.pdf
Restricted to Registered users only until 7 November 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kemajuan dibidang teknologi serta adanya ketidakpastian kondisi perekonomian global seperti sekarang ini dapat menciptakan lingkungan bisnis yang lebih berisiko dan lebih kaku. Fakta yang terlihat bahwa kondisi pertumbuhan pada perusahaan manufaktur dalam data Badan Pusat Statistik (BPS) dalam kurun waktu lima tahun terakhir, pertumbuhan industri manufaktur mengalami trend yang cenderung menurun dari tahun 2012-2016. Hal tersebut mengindikasikan adanya financial distress dengan kategori Earning per share (EPS) yang bernilai negatif. Penelitian ini mencoba menghubungkan beberapa variabel yang mungkin mampu memengaruhi adanya financial distress, seperti intellectual capital, kepemilikan saham, dan firm growth, dengan di mediasi oleh variabel profitabilitas. Ada 10 hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini. Populasi sebanyak 144 perusahaan sektor manufaktur yang terdaftar di BEI dalam kurun waktu 2014-2016 dengan salah satu kategori EPS mengalami nilai negatif selama 2 tahun berturut-turut. Model analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan Aplikasi Partial Least Square (PLS) versi 2.0 dengan tingkat presisi (α) = 5% dan t tabel sebesar 1,96. Dari hasil penelitian tersebut, terdapat 22 perusahaan yang memenuhi kriteria penelitian. Hasilnya menunjukkan bahwa intellectual capital, kepemilikan saham, dan firm growth terbukti berpengaruh signifikan negatif terhadap financial distress. Hal tersebut menunjukkan bahwa financial distress dapat ditekan dengan meningkatkan intellectual capital perusahaan, pengevaluasian kepemilikan saham perusahaan, dan peningkatan firm growth perusahaan. Uji variabel mediasi profitabilitas dilakukan, hasilnya 2 variabel yaitu intellectual capital dan kepemilikan saham terbukti berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas perusahaan, namun firm growth menunjukkan hasil yang berbeda, yaitu tidak berpengaruh signifikan. Hal tersebut menunjukkan intellectual capital dan kepemilikan saham mampu menjadi salah satu indikator yang cukup kuat untuk menentukan tingkat profitabilitas perusahaan, namun firm growth belum mampu, karena ada kemungkinan perusahaan melakukan ekspansi sehingga firm growth tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas perusahaan. Secara keseluruhan, profitabilitas mampu memediasi pengaruh intellectual capital, kepemilikan saham, dan firm growth terhadap financial distress perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI dalam kurun waktu 2014-2016. Saran dari penelitian ini kedepannya penelitian dengan tema yang sama untuk memperluas periode pengamatan sehingga mampu menggambarkan kondisi perusahaan yang lebih luas, serta mencari variabel rasio keuangan lainnya yang lebih sesuai untuk menggambarkan kondisi financial distress perusahaan dari berbagai aspek.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A 369/18 Isa p
Uncontrolled Keywords: Intellectual Capital, Kepemilikan Saham, Firm Growth, Profitabilitas, Financial Distress
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD9720-9975 Manufacturing industries
H Social Sciences > HG Finance > HG4501-6051 Investment, capital formation, speculation
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
MUHAMMAD ISAMESAL, NIM: 041113044UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ConsultantHabiburrochman, SE., M.Si., Ak., CPA.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 07 Nov 2018 11:32
Last Modified: 07 Nov 2018 11:32
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/75359
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item