ANALISIS KUALITAS LAYANAN KOLAM RENANG AQUATICS JOMBANG DENGAN MENGGUNAKAN INTEGRASI METODE SERVQUAL DAN MODEL KANO

MUHAMMAD NAJIB, 041112178 (2018) ANALISIS KUALITAS LAYANAN KOLAM RENANG AQUATICS JOMBANG DENGAN MENGGUNAKAN INTEGRASI METODE SERVQUAL DAN MODEL KANO. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAKSI .pdf

Download (17kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
B 180-18 Naj a.pdf
Restricted to Registered users only until 7 November 2021.

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kebutuhan manusia saat ini sudah sangat beragam, tidak hanya sandang, pangan, dan papan, namun juga meliputi kebutuhan mendapatkan kesehatan, pendidikan, maupun hiburan. Dalam pemenuhan kebutuhan akan hiburan, maka muncul berbagai macam usaha yang menawarkan jasa tempat-tempat hiburan, salah satunya adalah wahana kolam renang. Salah satu kolam renang di Kabupaten Jombang, Aquatics, mengalami suatu permasalahan, yaitu jumlah pengunjung yang masih di bawah target. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah kualitas perusahaan jasa adalah integrasi Metode Servqual dan Model Kano. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Data yang didapatkan di antaranya didapat melalui wawancara, observasi, maupun dokumen. Hasil dari observasi awal, identifikasi atribut layanan Aquatics sebanyak 18 atribut layanan berdasarkan lima dimensi servqual. Metode Servqual menunjukkan semua atribut layanan Aquatics belum memenuhi tingkat kepuasan yang diinginkan pengunjung. Hal itu ditunjukkan dengan semua gap atribut layanan bernilai negatif. Selain itu, menurut Model Kano, semua atribut layanan Aquatics berkategori one dimensional kecuali atribut fasilitas kolam dalam ruangan dan jumlah pohon yang memadai (Q19) yang berkategori attractive. Setelah lolos uji kredibilitas, atribut layanan yang seharusnya diperbaiki pengelola adalah atribut layanan keterjangkauan harga barang-barang di kantin (Q10), kesesuaian harga tiket dengan fasilitas dan layanan yang diberikan (Q11), toilet yang nyaman, bersih, dan memadai (Q2), ruang ganti yang nyaman, bersih, dan memadai (Q4), dan fasilitas permainan air yang lengkap (Q5).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B.180/18 Naj a
Uncontrolled Keywords: Servqual, Kano, Kualitatif, Kualitas, Layanan, Hiburan
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
MUHAMMAD NAJIB, 041112178UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorYetty Dwi Lestari, S.E., M.T.UNSPECIFIED
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 07 Nov 2018 14:12
Last Modified: 07 Nov 2018 15:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/75366
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item