PEMAKNAAN FASHION BAGI INDONESIA SNEAKERS TEAM SURABAYA (Studi Gaya Hidup pada Komunitas Indonesia Sneakers Team Surabaya)

Satrio Manggala Putra Sahrub, 071411431054 (2018) PEMAKNAAN FASHION BAGI INDONESIA SNEAKERS TEAM SURABAYA (Studi Gaya Hidup pada Komunitas Indonesia Sneakers Team Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.S.46 18 Sah p.pdf

Download (35kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.S.46 18 Sah p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.S.46 18 Sah p.pdf

Download (465kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Fashion menjadi bagian yang tidak dapat dilepaskan dari penampilan dan gaya keseharian. Benda-benda seperti baju dan sepatu yang dikenakan bukanlah sekedar penutup tubuh dan hiasan, lebih dari itu juga menjadi sebuah alat untuk menandakan identitas sosial pribadi. Kota Surabaya merupakan kota yang terdiri dari berbagai macam komunitas sepatu dari berbagai merek seperti Indonesia Sneakers Team Surabaya. komunitas awalnya sebagai tempat untuk berbagi pengalaman dan penyalur hobi, namun semakin berkembang menjadi tempat pembentuk identitas sosial, gaya hidup dan leisure class. Studi ini bertujuan untuk mendiskripsikan makna dari fashion sebagai bentuk identitas sosial dan gaya hidup pada komunitas Indonesia Sneakers Team Surabaya. Studi ini dilakukan didalam komunitas Indonesia Sneakers Team Surabaya. Untuk menjawab permasalahan dalam penelitian ini digunakan Teori Hiperealitas oleh Jean Baudrillard dan Teori Leisure Class oleh Thorsten Veblen. Penelitian ini menggunakan paradigma definisi sosial dengan Teknik purposive untuk menentukan informan. Informan dalam penelitian adalah sepuluh anggota komunitas Indonesia Sneakers Team Surabaya. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam dan observasi di lapangan yang dianalisis dengan melalui proses pengumpulan data, reduksi data, kategorisasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang ditemukan antara lain: Indonesia Sneakers Team Surabaya merupakan kumpulan dari orang yang hobi mengoleksi sepatu dari berbagai macam merek. Komunitas ini lahir melalui forum pada salah satu media sosial. Anggota komunitas yang telah bergabung menjadi konsumtif dikarenakan adanya penerimaan nilai baru yang terjadi dalam setiap kegiatan pertemuan komunitas Indonesia Sneakers Team. Selain itu, anggota komunitas terinspirasi dari idola dan pengamatan dalam media sosial untuk berpenampilan. Fashion dimaknai sebagai sebuah hobi, jati diri dan membangun citra yang bagus pada khalayak umum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.S.46/18 Sah p
Uncontrolled Keywords: identitas sosial, fashion, Indonesia Sneakers Team Surabaya
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > HN41-46 Community centers. Social centers
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ2042-2044 Life style
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsEmail
Satrio Manggala Putra Sahrub, 071411431054UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorBagong Suyanto, Prof., Dr., Drs., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 08 Nov 2018 08:00
Last Modified: 08 Nov 2018 08:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/75373
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item