GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG STIMULASI BERKOMUNIKASI PADA ANAK AUTIS USIA PRA SEKOLAH (5-6 Tahun) (di Resource Center Kabupaten Gresik)

Aditia Aria Masyta, 151511913169 (2018) GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG STIMULASI BERKOMUNIKASI PADA ANAK AUTIS USIA PRA SEKOLAH (5-6 Tahun) (di Resource Center Kabupaten Gresik). Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRACT_FV.KP.75 18 Mas g.pdf

Download (64kB) | Preview
[img] Text (FULLTEX)
FULL TEXT_FV.KP.75 18 Mas g.pdf
Restricted to Registered users only until 9 November 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Autis merupakan salah satu gangguan tumbuh kembang yang ditandai dengan gangguan perkembangan komunikasi, interaksi sosial, dan perilaku. Anak autis seringkali memiliki masalah dengan kemampuan berbahasa dan tidak dapat berkomunikasi dengan baik ibu sebagai pendidik utama dan pertama bagi anak harus menemukan cara untuk menstimulasi anak. Terlambat penanganan dan tidak adanya peran serta ibu dalam proses terapi maka keberhasilan dalam terapi sangat sulit diperoleh. Tujuan dilakuannya penelitian adalah untuk mengidentifikasi gambaran tingkat pengetahuan ibu tenntang stimulasi berkomunikasi pada anak autis usia pra sekolah (5-6 tahun) di Resource Center Kabupaten Gresik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh ibu anak autis usia pra sekolah di di Recoure Center Kabupaten Gresik yang berjumlah 26. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling responden yang digunakan sebanyak 26 responden, penelitian ini dilakukan di Recource Center Kabupaten Grersik selama 2 hari dengan menggunakan instrumen berupa kuisioner, pengolahan data dilakukan dengan cara editing, coding, skoring, tabulating,dan prosentase. Hasil penelitian yang telah dilakukan didapatkan tingkat pengetahuan tentang stimulasi berkomunikasi pada anak autis usia pra sekolah 5-6 tahun di Resource Center kabupaten Gresik, setengah dari responden sebanyak 13 responden (50%) memiliki pengetahuan baik stimulasi berkomunikasi pada anak autis dan sebagian kecil yaitu 5 responden (19%) memiliki tingkat pengetahuan yang kurang. Pengetahuan yang dimiliki ibu tentang cara stimulasi berkomunikasi pada anak autis menentukan tindakan yang dilakukan ibu untuk itu ibu harus meningkatkan pengetahuannya tentang stimulasi berkomunikasi pada anak autis.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: FV.KP.75/18 Mas g
Uncontrolled Keywords: Tingkat pengetahuan ibu, stimulasi berkomunikasi, anak autis, pra sekolah
Subjects: L Education
R Medicine > RT Nursing
Divisions: 17. PSDKU Gresik
Creators:
CreatorsEmail
Aditia Aria Masyta, 151511913169UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorLestari Sudaryanti, Dr.dr..M.KesUNSPECIFIED
ContributorAbd.Nasir, S.Kep..Ns.M.KepUNSPECIFIED
Depositing User: Arry Punanta
Date Deposited: 22 Feb 2019 08:27
Last Modified: 22 Feb 2019 08:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/75446
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item