HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG IMUNISASI DASAR DENGAN KEPATUHAN MELAKSANAKAN IMUNISASI DASAR PADA BAYI UMUR (0-12 BULAN)

ERICA LUTFI HARDIYANTI, 151511913131 (2018) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG IMUNISASI DASAR DENGAN KEPATUHAN MELAKSANAKAN IMUNISASI DASAR PADA BAYI UMUR (0-12 BULAN). Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRACT_FV.KP.74 18 Har h.pdf

Download (83kB) | Preview
[img] Text (FULLTEX)
FULL TEXT__FV.KP.74 18 Har h.pdf
Restricted to Registered users only until 9 November 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Imunisasi merupakan suatu usaha untuk memberikan kekebalan pada bayi dan anak dengan cara memasukan vaksin kedalam tubuh agar tubuh membuat zat anti untuk mencegah penyakit tertentu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan ibu tentang imunisasi dasar dengan kepatuhan melakukan imunisasi dasar. Metode penelitian ini dengan Cross Sectional dengan populasi seluruh ibu yang mempunyai bayi usia 0-12 bulan, sampel yang di gunakan adalah Total Sampling sebanyak 30 responden. Pengumpulan data menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner dan data sekunder dari observasi buku KMS. Data yang terkumpul di olah menggunakan teknik Editing, Coding, Skoring, Tabulating, Prosentase, lalu diuji menggunakan Uji Mann Whitney yang di bantu oleh SPSS dengan kemaknaan α = 0,05. Hasil penelitian dapat dijelaskan sebagian besar sebanyak 16 responden (53%) yang mempunyai pengetahuan cukup dengan status imunisasi patuh, dan hampir setengahnya 9 responden (30%) dengan status imunisasi tidak patuh. Sebagian kecil ada 3 responden (10%) yang mempunyai pengetahuan baik dengan status imunisasi patuh, dan tidak ada satupun yang memiliki status imunisasi tidak patuh (0%). Dan Sebagian kecil ada 2 responden (7%) yang memiliki pengetahuan cukup dengan status imunisasi tidak patuh, dan tidak ada satupun yang memiliki status imunisasi patuh (0%). Berdasarkan hasil Uji Statistik Mann-Whitney didapatkan hasil ɑ = 0,031 berarti ɑ < 0,05 maka H0 di tolak H1 di terima yaitu ada hubungan Tingkat pengetahuan ibu tentang imunisasi dasar dengan kepatuhan melaksanakan imunisasi dasar pada bayi usia 0-12 bulan di Dsn. Sumberjambe Ds. Sidoraharjo. Saran bagi tenaga kesehatan lainnya adalah supaya memberi sosialisasi kepada ibu tentang imunisasi dasar yang di harapkan supaya patuh dalam melaksanakan imunisasi dasar bagi anaknya

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: FV.KP.74/18 Har h
Uncontrolled Keywords: Tingkat pengetahuan, Imunisasi, Kepatuhan imunisasi
Subjects: R Medicine
R Medicine > RT Nursing
Divisions: 17. PSDKU Gresik
Creators:
CreatorsEmail
ERICA LUTFI HARDIYANTI, 151511913131UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorJoni Haryanto, Dr.S.Kp.M.SiUNSPECIFIED
ContributorLestari Sudaryanti, Dr.dr..,M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Arry Punanta
Date Deposited: 22 Feb 2019 08:25
Last Modified: 22 Feb 2019 08:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/75449
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item