UPAYA PENGEMBANGAN DESTINASI WISATA MUSEUM SANGGAR GUBUG WAYANG YENSEN PROJECT (Studi Deskriptif Upaya Pengelola Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Di Museum Sanggar Gubug Wayang Yensen Project, Mojokerto - Jawa Timur)

ADITYA GALUH PERMANA, 151511413065 (2018) UPAYA PENGEMBANGAN DESTINASI WISATA MUSEUM SANGGAR GUBUG WAYANG YENSEN PROJECT (Studi Deskriptif Upaya Pengelola Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Di Museum Sanggar Gubug Wayang Yensen Project, Mojokerto - Jawa Timur). Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
abstrak.pdf

Download (97kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
FV PW 27 18 Per u.pdf
Restricted to Registered users only until 12 November 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Potensi pariwisata di Kota Mojokerto berbeda jauh dengan Kabupaten Mojokerto. Masyarakat hanya mengenal wisata kota hanya taman kota seperti Alun-Alun Kota Mojokerto dan Taman Benteng Pancasila. Berbeda halnya di Kabupaten Mojokerto yang telah dikenal dengan wisata alam dan budayanya. Namun sebenarnya bila pemerintah Kota Mojokerto lebih peduli, Kota Mojokerto memiliki potensi lainnya yang dapat dikembangkan seperti wisata batik Mojokerto di Surodinawan, Kampung Sepatu, dan Museum Sanggar Gubug Wayang. Namun pemerintah kurang peduli akan potensi tersebut yang semestinya dapat memberikan potensi baru bagi pariwisata Kota Mojokerto. Seperti pada objek wisata Museum Sanggar Gubug Wayang yang hanya dijanjikan pemerintah kota untuk membantu dalam pengembangan destinasi wisata Museum Sanggar Gubug Wayang namun tak ada bentuk realisasi dari pemerintah kota. Hal tersebut dapat dinilai sebagai kurang pedulinya pemerintah Kota Mojokerto terhadap pengembangan pariwisata daerah. Pihak pengelola Museum Sanggar Gubug Wayang pun tak berharap banyak dengan pemerintah. Berbagai upaya pengembangan dilakukan pihak pengelola dalam upaya mejadikan Museum Sanggar Gubug Wayang sebagai objek daya tarik wisata untuk dapat di kenal masyarakat dalam dan luar kota. Hal tersebut terkait dengan pihak pengelola Museum Sanggar Gubug Wayang ingin mengangkat citra pariwisata Kota Mojokerto. Pihak museum Sanggar Gubug Wayang melakukan pendekatan dan bekerja sama dengan seluruh elemen masyarakat. Hingga saat ini Museum Sanggar Gubug Wayang telah menjadi objek wisata tujuan bagi wisatawan berasal dari luar Kota Mojokerto. Kunjungan wisata di museum Sanggar Gubug Wayang turut mengalami peninngkatan. Kedapannya pihak museum ingin melibatkan masyarakat dalam mengembangkan potensi wisata museum Sanggar Gubug Wayang salah satunya dengan mengajak masyarakat membuka usaha menjual makanan dan kerajinan khas Mojokerto di tempat yang dekat dengan museum. Pihak pengelola akan terus mengembangkan potensi wisata Museum Sanggar Gubug Wayang sehingga Museum Sanggar Gubug Wayang dapat memberikan pelayanan yang terbaik dan memberikan kesan baik bagi wisatawan yang berkunjung ke museum.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV PW 27/18 Per u
Uncontrolled Keywords: museum. wisata
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G154.9-155.8 Travel and state. Tourism
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ADITYA GALUH PERMANA, 151511413065UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorNovianto Edi S., -UNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 12 Nov 2018 17:29
Last Modified: 12 Nov 2018 17:29
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/75504
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item