PENGEMBANGAN KAMPUNG WISATA (Studi Deskriptif Tentang Dampak Pengembangan Kampung Wisata Genteng Candirejo Bagi Masyarakat Kampung Genteng Candirejo di Kelurahan Genteng Surabaya)

ALTHAF FAZA ARIF, 151511413068 (2018) PENGEMBANGAN KAMPUNG WISATA (Studi Deskriptif Tentang Dampak Pengembangan Kampung Wisata Genteng Candirejo Bagi Masyarakat Kampung Genteng Candirejo di Kelurahan Genteng Surabaya). Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
abstrak.pdf

Download (33kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
fv pw 28 18 Ari p.pdf
Restricted to Registered users only until 12 November 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kampung Genteng Candirejo merupakan salah satu Kampung yang ada di Kota Surabaya. Kampung ini berada di RT 03 RW 08 Kelurahan Genteng Kecamatan Genteng Surabaya. Dahulunya kampung ini disebut sebagai Kampung “Larakan”, yang dalam bahasa jawa berarti Kampung “Sampah”. Pada tahun 2006 warga Kampung Genteng Candirejo memiliki niatan ingin merubah image kampung agar tidak semakin terpuruk. Sehingga pada tahun tersebut mereka melakukan perubahan fisik wilayah di kampung mereka. Pada tahun 2007 mereka mulai melakukan kegiatan pelatihan pengolahan sampah mandiri yang di dampingi oleh Lembaga Swadaya Masyarakat. Pada Tahun 2008 mereka meresmikan nama kampung mereka berubah dengan nama Kampung Wisata Genteng Candirejo. Sampai saat ini Kampung Wisata Genteng Candirejo masih terus berkembang untuk dapat menjadi Kampung yang jauh lebih baik. Dalam masa pengembangan ini masyarakat Kampung Genteng Candirejo secara tidak langsung terkena dampak pengembangan Kampung Wisata Genteng Candirejo. Berdasarkan penjelasan diatas maka penulis tertarik untuk meneliti lebih lanjut dengan judul Pengembangan Kampung Wisata (Studi Deskriptif Tentang Dampak Pengembangan Kampung Wisata Genteng Candirejo Bagi Masyarakat Kampung Genteng Candirejo di Kelurahan Genteng Surabaya) Metode penelitian yang digunakan oleh penulis yaitu metode penelitian yang bersifat kualitatif. Metode ini menggunakan observasi, pedoman wawancara, dan penggunaan bahan dokumen sebagai cara untuk mengumpulkan datanya. Data yang sudah diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif yaitu berupa kata-kata bukannya angka. Hasil dari analisis data lapangan berdasarkan rumusan masalah yang telah dibuat sebelumnya, peneliti menyimpulkan bahwa Dampak Pengembangan Kampung Wisata Genteng Candirejo yang paling dirasakan oleh masyarakat Kampung Genteng Candirejo adalah dampak ekonomi. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan pendapatan warga kampung yang stabil dan signifikan. Selain dampak ekonomi masyarakat Kampung Genteng Candirejo juga mendapatkan dampak lingkungan dan dampak sosial dimana perubahan lingkungan kampung yang menjadi bersih dan asri merubah pola perilaku masyarakat untuk selalu hidup bersih dan seimbang dengan alam. Dampak sosial dalam masyarakat kampung Genteng Candirejo adalah terbukanya pemikiran warga kampung Genteng Candirejo untuk dapat menerima orang lain di dalam perbedaan tanpa mengikuti budaya orang tersebut. Melalui penelitian ini, penulis berharap Kampung Genteng Candirejo dapat terus berkembang untuk dapat menjadi Kampung Wisata yang jauh lebih baik dengan tetap memperhatikan segala dampak yang akan terjadi dan segala bentuk kegiatan dalam proses pengembangan Kampung Wisata diharapakan dapat diikuti oleh seluruh warga secara menyeluruh dan konsisten agar tidak terjadi kesenjangan sosial. Sehingga dengan hal tersebut warga menjadi berdaya secara positif dan Kampung Wisata Genteng Candirejo dapat semakin dikenal oleh masyarakat luas.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV PW 28/18 Ari p
Uncontrolled Keywords: kampung wisata
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G154.9-155.8 Travel and state. Tourism
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ALTHAF FAZA ARIF, 151511413068UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorNovianto Edy Suharno, , SST Par., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 12 Nov 2018 17:48
Last Modified: 12 Nov 2018 17:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/75506
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item