EVENT SIRAMAN SEDUDO (Studi Deskriptif tentang Event Siraman Sedudo Seabagai Sarana Promosi Meningkatkan Jumlah wisatawan di Obyek Wisata Air Terjun Sedudo)

PUTRI THAMARA CHANDRA OVIA, 151511413021 (2018) EVENT SIRAMAN SEDUDO (Studi Deskriptif tentang Event Siraman Sedudo Seabagai Sarana Promosi Meningkatkan Jumlah wisatawan di Obyek Wisata Air Terjun Sedudo). Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
abstrak fv pw 30 18.pdf

Download (14kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
FV PW 30 18 Ovi e.pdf
Restricted to Registered users only until 13 November 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pariwisata Kabupaten Nganjuk telah memiliki berbagai macam potensi obyek wisata yang telah dikembangkan, yakni wisata religi dan wisata alam. Berbagai macam potensi yang dimiliki Kabupaten Nganjuk berdampak pada perekonomian masyarakat Kabupaten Nganjuk serta masyarakat sekitar obyek wisata. Obyek wisata alam yang dimiliki oleh Kabupaten Nganjuk setiap tahunnya telah meningkat, salah satunya adalah Obyek Wisata Alam Air Terjun Sedudo. Penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang Event sebagai sarana promosi pariwisata di Kabupaten Nganjuk dapat meningkatkan kunjungan wisata di Obyek Wisata Air Terjun Sedudo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualiytatif karena metode ini dianggap lebih mudah apabila berhadapan dengan kenyataan yang ada di lapangan atau yang ada di tempat penelitian secara langsung. Kemudian peneliti juga menggunakan penelitian deskriptif. Penelitian deskriptif merupakan penelitian yang bertujuan mendeskriptifkan keadaan, peristiwa, dan segala sesuatu yang terkait dengan obyek penelitian. Disini dijelaskan apakah Event Siraman Sedudo dapat menarik wisatawan untuk mengunjungi Obyek Wisata Sedudo. Dalam event tersebut juga mempromosikan wisata yang ada di dalam obyek wisata tersebut, yakni wisata alam, wisata budaya, dan wisata kuliner. Lokasi yang dituju oleh penulis untuk mendapatkan data yaitu, Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Nganjuk, Obyek Wisata Air Terjun Sedudo, dan rumah ketua adat atau sesepuh. Pengumpulan data yang dilakukan dengan cara wawancara dengan pihak terkait serta dukungan data dokumen untuk melengkapi data gambar yang berkaitan dengan Event Siraman Sedudo serta Obyek Wisata Air Terjun Sedudo sebagai sarana promosi obyek wisata tersebut. Hasil penelitian menunjukan bahwa Event Siraman Sedudo sebagai sarana promosi obyek wisata yang ada di Obyek Wisata Air Terjun Sedudo. Penyelenggaraan event tersebut ditujukan kepada wisatwan yang berkunjung ke obyek wisata tersebut. Pihak penyelenggara event berharap agar wisatwan yang datang untuk berkunjung ke event tersebut akan mengunjungi Obyek Wisata Air Terjun Sedudo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan diadakannya event tersebut, pihak pengelola berharap keberhasilan event sebagai media promosi obyek wisata. Selain menampilkan kekayaan alam yang ada di Obyek Wisata Air Terjun Sedudo, event siraman sedudo menampilkan bebrapa wisata yang bisa dinikamati oleh wisatawan, yakni wisata budaya dan wisata kuliner. Dan dengan diadakannya event tersebut, wisatawan yang berkunjung akan lebih mengenal budaya yang ada di Obyek Wisata Alam Air Terjun Sedudo dan lebih mengenal kuliner yang ada di sekitar daerah obyek wisata.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV PW 30 18 Ovi e
Uncontrolled Keywords: promosi; wisata
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G154.9-155.8 Travel and state. Tourism
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
PUTRI THAMARA CHANDRA OVIA, 151511413021UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorEdwin Fiatiano, . S.Sos., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 13 Nov 2018 18:26
Last Modified: 13 Nov 2018 18:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/75538
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item