PEMANFAATAN RUANG TERBUKA HIJAU (Studi Deskriptif Tentang Pemanfaatan Taman Flora Sebagai Ruang Terbuka Hijau Oleh Masyarakat Surabaya)

ANANDA FIRDAUS, 151511413059 (2018) PEMANFAATAN RUANG TERBUKA HIJAU (Studi Deskriptif Tentang Pemanfaatan Taman Flora Sebagai Ruang Terbuka Hijau Oleh Masyarakat Surabaya). Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (44kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
FV PW 37 18 Fir p.pdf
Restricted to Registered users only until 15 November 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Taman dalam pengertian terbatas merupakan sebidang lahan yang ditata sedemikian rupa sehingga mempunyai keindahan, kenyamanan dan keamanan bagi pemilik atau penggunanya. Taman yang dimasksud disini adalah Taman Flora Surabaya. Taman Flora merupakan salah satu Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang dimiliki kota Surabaya berupa taman kota. Taman Flora merupakan taman yang dapat dikunjungi oleh masyarakat baik dari surabaya dan sekitarnya. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemanfaatan Taman Flora oleh masyarakat Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pendekatan deskriptif kualitatif memungkinkan peneliti untuk mengkaji permasalahan di objek penelitian secara dalam dan terperinci. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara mendalam dengan menggunakan pedoman wawancara dan observasi. Hasil penelitian yang penulis lakukan yaitu, Taman Flora merupakan salah satu taman yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Surabaya untuk mengisi waktu luang atapun hanya sekedar berkunjung dan bersantai sambil melepas rasa penat. Berbagai macam fasilitas yang ada ditaman flora dapat dinikmati pengunjung secara gratis, seperti : Taman Baca, Broadband Learning Center, toilet, musholla, area outbond anak – anak, area bermain anak – anak, mini zoo, pendopo, tempat duduk, dan wifi. Yang menarik adalah Taman Flora memiliki mini zoo yang tidak dimiliki taman – taman lain yang ada di kota Surabaya. Selain kondisi taman yang aman, nyaman dan sejuk, berbagai fasilitas yang ada di Taman Flora membuat taman ini menjadi tujuan masyarakat surabaya untuk dikunjungi baik bersama keluarga atapun teman. Keberadaan Taman Flora sangatlah bermanfaat bagi masyarakat menengah kebawah, selain berfungsi sebagai ruang terbuka hijau. Taman Flora juga bisa sebagai tempat rekreasi, olahraga dan edukasi gratis bagi masyarakat menengah kebawah. Dengan adanya berbagai fasilitas yang dapat digunakan secara gratis, tentunya membuat masyarakat dapat berkunjung sewaktu – waktu.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV PW 37 18 Fir p
Uncontrolled Keywords: Taman Flora, Ruang Terbuka Hijau
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G154.9-155.8 Travel and state. Tourism
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3566-3578 Public health
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ANANDA FIRDAUS, 151511413059UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorNur Emma Suriani, , S.Sos, M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 15 Nov 2018 10:38
Last Modified: 15 Nov 2018 10:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/75569
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item