POTENSI WISATA KULINER KABUPATEN KUDUS (Studi Deskriptif Tentang Pendapat Pengunjung Tentang Produk Kuliner di Kabupaten Kudus)

I’ZZATUN NADAA, 151511413036 (2018) POTENSI WISATA KULINER KABUPATEN KUDUS (Studi Deskriptif Tentang Pendapat Pengunjung Tentang Produk Kuliner di Kabupaten Kudus). Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (338kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
fv pw 38 18 Nad p.pdf
Restricted to Registered users only until 15 November 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Indonesia memiliki beragam makanan khas yang tersebar di berbagai daerah.Makanan khas di setiap daerah memiliki keunikan serta filosofi yang menarik sehingga mampu menjadi daya tarik wisata dan dapat dikembangkan menjadi wisata kuliner. Kabupaten Kudus memiliki beragam makanan khas seperti soto Kudus, pindang kerbau, lentog tanjung, sate kerbau, dan opor bakar yang memiliki keunikan dan sejarah tersendiri sehingga dapat dijadikan menjadi daerah tujuan wisata kuliner. Melihat potensi tersebut peneliti tertarik untuk mengambil judul “Potensi Wisata Kuliner Kabupaten Kudus (Studi Deskriptif Tentang Pendapat Pengunjung Tentang Produk Kuliner di Kabupaten Kudus)”. Sesuai dengan tujuan penelitian dan permasalahan yang akan diteliti yaitu mendeskripsikan potensi wisata kuliner di Kabupaten Kudus dan pendapat pengunjung mengenai produk kuliner atau makanan khas di Kabupaten Kudus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pendekatan deskriptif kualitatif memungkinkan peneliti untuk mengkaji permasalahan di obyek penelitian secara dalam dan terperinci. Wawancara dilakukan terhadap pemilik warung atau rumah makan makanan tradisional Kabupaten Kudus serta pengunjung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, dilihat dari keragaman dan filosofi makanan khas Kabupaten Kudus menyimpan potensi besar untuk dikembangkan menjadi tujuan wisata kuliner. Menurut pendapat informan, keunikan kuliner khas Kabupaten Kudus yaitu disajikan dengan mangkok maupun piring kecil, menggunakan daging kerbau sebagai lauk, dan memiliki rasa cenderung manis. Para informan yakin makanan khas Kabupaten Kudus akan terus eksis karena terdiri dari beragam jenis makanan yang memiliki keunikan dan filosofi tersendiri sehingga keberadaan makanan khas Kabupaten Kudus tidak kalah dengan makanan modern (fast food).

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: kkb kk-2 FV PW 38/18 Nad p
Uncontrolled Keywords: Makanan khas, wisata kuliner, Kabupaten Kudus
Subjects: T Technology > TX Home economics > TX901-946.5 Hospitality industry. Hotels, clubs, restaurants, etc. Food service
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsNIM
I’ZZATUN NADAA, 151511413036UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAndy Umardiono, , S.Sos., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 15 Nov 2018 11:50
Last Modified: 15 Nov 2018 11:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/75572
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item