USULAN PERBAIKAN MENGGUNAKAN METODE SINGLE MINUTE EXCHANGE OF DIES (SMED) UNTUK PENGURANGAN WAKTU SETUP MESIN PRODUKSI PADA PT. TEMPRINA MEDIA GRAFIKA

RAHARDYAN ERSYAH, 041311223041 (2018) USULAN PERBAIKAN MENGGUNAKAN METODE SINGLE MINUTE EXCHANGE OF DIES (SMED) UNTUK PENGURANGAN WAKTU SETUP MESIN PRODUKSI PADA PT. TEMPRINA MEDIA GRAFIKA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK .pdf

Download (19kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
B 188-18 Ers u.pdf
Restricted to Registered users only until 16 November 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

PT. Temprina Media Grafika merupakan perusahaan yang bergerak dibidang percetakan yang memproduksi berbagai macam jenis produksi dan salah satu produk unggulannya adalah koran. Dan masalah yang terjadi di perusahaan adalah kurangnya efisiensi waktu setup. Perusahaan memiliki enam mesin line yang merupakan aset dalam produksi, dimana pada mesin line 1 memiliki waktu setup yang tinggi. Dari hasil penelitian, perusahaan membutuhkan waktu setup pada mesin line 1 memproduksi koran sebanyak 181 menit dan menghasilkan 27.560 paket koran. Dan pada operational efficiency hanya mencapai 43,7%. Maka dari itu pada penelitian ini dilakukan identifikasi pemborosan (waste) pada waktu proses produksi dan memberikan usulan perbaikan kualitas proses produksi. Metode yang digunakan sebagai usulan perbaikan adalah Single Minute Exchange of Dies (SMED), karena dapat mengidentifikasi waste yang terjadi selama proses produksi, dengan menganalisis masalah menggunakan pareto chart dan diagram fishbone. Setelah penerapan metode Single Minute Exchange of Dies (SMED) setup time pada mesin line 1 terdapat perubahan yang cukup besar jika sebelumnya waktu yang dibutuhkan 181 menit atau 3 jam 1 menit, kini menjadi 133 menit atau 2 jam 13 menit. Dilihat dari waktu tersebut terjadi penurunan setup time sebesar 48 menit dan operational efficiency meningkat menjadi 55,6% lebih baik jika dibandingkan sebelum penerapan metode Single Minute Exchange of Dies (SMED). Hal ini terjadi karena berkurangnya setup time yang signifikan pada bagian preparation menjadi 82 menit dan bagian die readjustment menjadi 20 menit. Produktivitas dari mesin line 1 juga meningkat setelah penerapan metode Single Minute Exchange of Dies (SMED) menjadi. Hal ini dapat dilihat dari jumlah produksi yang sebelumnya pada mesin line 1 memproduksi koran sebanyak 31.800 paket/bulan menjadi 50.457 paket/bulan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B.188/18 Ers u
Uncontrolled Keywords: Lean Manufacturing, SMED, Pareto Chart, Diagram Fishbone, Changeover.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
RAHARDYAN ERSYAH, 041311223041UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHermawanto, Drs., MBA.,MSc,UNSPECIFIED
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 16 Nov 2018 09:12
Last Modified: 16 Nov 2018 09:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/75592
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item