PASAR WISATA KENJERAN (Studi Deskriptif Tentang Pengembangan Sentra Ikan Bulak sebagai Pasar Wisata Pantai Kenjeran Surabaya Oleh Dinas Pariwisata)

RADEN SURYA ADHI LAXMANA, 151511413047 (2018) PASAR WISATA KENJERAN (Studi Deskriptif Tentang Pengembangan Sentra Ikan Bulak sebagai Pasar Wisata Pantai Kenjeran Surabaya Oleh Dinas Pariwisata). Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (122kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
FV pw 41 18.pdf
Restricted to Registered users only until 16 November 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Surabaya utara memiliki berbagai macam lokasi wisata yakni Jembatan Suramadu yang menghubungkan Pulau Jawa dengan Pulau Madura dari kota Surabaya ke kota Bangkalan, Jembatan Suroboyo yang menghiasi pesisir pantai kenjeran dengan berbagai warna lampu yang menyinari air mancur pada saat malam hari, pantai kenjeran yang mulai dari dulu sampai sekarang masih menjadi primadona wisata di Surabaya, dan Sentra Ikan Bulak yang baru-baru ini menjadi kawasan wisata yang menyajikan atraksi wisata dengan cara menghidangkan menu makanan dari hasil laut para nelayan pantai kenjeran yang merupakan asset utama daerah dengan jalan pengembangan kepariwisataan dan sekaligus mempermudah untuk meningkatkan kegiatan mempromosikan pariwisata yang ada di daerah kenjeran tumbuh dan berkembang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini juga bermanfaat untuk mengetahui keterkaitan antara Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Surabaya dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya lalu bagaimana upaya pengembangan Sentra Ikan Bulak oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya, dan pendapat konsumen yang berkunjung di Sentra Ikan Bulak sehingga Sentra Ikan Bulak tetap eksis dan dijadikan tempat tujuan wisata oleh wisatawan yang berkunjung di daerah kenjeran untuk pusat oleh – oleh khas Surabaya. Hasil penemuan yang didapatkan pada saat penelitian masih kurangnya inovasi – inovasi yang dikeluarkan oleh pihak pengelola dan pedagang yang ada di dalam Sentra Ikan Bulak dan sosialisasi terhadap pedagang sehingga kondisi yang ada di tempat penelitian masih sepi pedagang dan wisatawan yang berkunjung di tempat tersebut. Penelitian ini diharapkan dijadikan gambaran oleh pihak pengelola, pedagang untuk menambah inovasi – inovasi sehingga dapat menarik minat wisatawan berkunjung ke Sentra Ikan Bulak sebagai Pusat Oleh – oleh khas Surabaya

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV PW 41/18 Lax p
Uncontrolled Keywords: Pasar Wisata, Pariwisata, Pantai Kenjeran
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G154.9-155.8 Travel and state. Tourism
S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsEmail
RADEN SURYA ADHI LAXMANA, 151511413047UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorNovianto Edi Suharno, , SST Par., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 16 Nov 2018 09:15
Last Modified: 16 Nov 2018 09:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/75593
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item