HUBUNGAN KARAKTERISTIK INDIVIDU SERTA DUKUNGAN KELUARGA DAN TEMAN TERHADAP TINGKAT HEALTH LITERACY TERKAIT NUTRISI PRAKONSEPSI (Studi di Pesantren Mahasiswi Muhyidin Surabaya)

KARTIKA NURIL ILMI, 101411131140 (2018) HUBUNGAN KARAKTERISTIK INDIVIDU SERTA DUKUNGAN KELUARGA DAN TEMAN TERHADAP TINGKAT HEALTH LITERACY TERKAIT NUTRISI PRAKONSEPSI (Studi di Pesantren Mahasiswi Muhyidin Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK FKM.267-18 Ilm h ABSTRAK.pdf

Download (23kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK FKM.267-18 Ilm h SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 16 November 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Angka Kematina Ibu (AKI) di Indonesia masih belum mencapai target yang ditetapkan SDGs. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan mengoptimalkan kesehatan prakonsepsi kepada wanita usia subur, calon pengantin dan remaja. Remaja yang mendekati kehamilan adalah kelompok mahasiswa yang memiliki kemampuan lebih unggul dalam mengakses, menyerap dan mengimplementasikan informasi. Hal ini sesuai dengan konsep health literacy yang sedang digencarkan di Indonesia untuk mendukung terwujudnya kehidupan masyarakat yang sejahtera. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis hubungan karakteristik individu dan dukungan keluarga serta teman terhadap tingkat health literacy mahasiswa yang tinggal di Pesantren Mahasiswi Muhyidin Surabya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan rancang bangun cross sectional. Responden diambil dari keseluruhan populasi yakni mahasiswa yang tinggal di Pesantren Mahasiswi Muhyidin Surabaya sejumlah 63 orang. Pengambilan data dilakukan menggunakan kuesioner. Hasil dari penelitian diketahui bahwa tingkat health literacy mahasiswa kebanyakan bermasalah. Usia responden mayoritas 17-25 tahun dan pendidikan terakhir kebanyakan SMA/sederajat. Sedangkan program studi terbanyak adalah sains. Mayoritas bersuku jawa dan tidak memiliki budaya tertentu. hubungan antara tingkat health literacy dengan program studi dan budaya adalah kuat. Sedangkan hubungannya moderate dengan dukungan keluarga. Lemahnya hubungan terjadi pada tingkat health literacy dengan umur, pendidikan terakhir dan suku. Sedangkan hubungan tidak berarti terdapat pada tingkat health literacy dengan dukungan teman. Sehingga hubungan kuat terdapat pada tingkat health literacy dengan program studi dan budaya. Sarannya antara lain pembentukan poskestren, perpustakaan, dan event promosi kesehatan di pesantren, penyediaan media online yang berkualitas, serta pengoptimalan peran posyandu remaja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.267/18 Ilm h
Uncontrolled Keywords: College Student, Health Literacy, Preconception
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA773-788 Personal health and hygiene
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
KARTIKA NURIL ILMI, 101411131140UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMuji Sulistyowati, S.KM., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 16 Nov 2018 10:48
Last Modified: 16 Nov 2018 10:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/75600
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item