HIGIENE PENJAMAH, SANITASI KANTIN DAN ANGKA LEMPENG TOTAL PADA MAKANAN DI KANTIN PELABUHAN Y JAWA TIMUR

NURUL AULIA RAHMAH, 101411535008 (2018) HIGIENE PENJAMAH, SANITASI KANTIN DAN ANGKA LEMPENG TOTAL PADA MAKANAN DI KANTIN PELABUHAN Y JAWA TIMUR. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
PSDKU.FKM. 06-18 Rah h Abstrak.pdf

Download (611kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
PSDKU.FKM. 06-18 Rah h.pdf
Restricted to Registered users only until 16 November 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Makanan menjadi salah satu hal yang tidak pernah terlepas dari kehidupan manusia, salah satu fungsinya yaitu sebagai sumber nutrisi bagi tubuh. Namun pada kondisi tertentu, makanan dapat menjadi media dalam penularan berbagai penyakit disebut food borne disease. Peningkatan jumlah penduduk dan kebutuhan makanan mempengaruhi peningkatan jumlah tempat pengolahan makanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi higiene penjamah, sanitasi kantin dan angka lempeng total pada makanan di kantin Pelabuhan Y Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan metode observasional dengan rancangan penelitian crossectional. Sampel penelitian adalah 6 kantin, dengan masingmasing 1 penjamah dan 1 makanan dalam 2 kali pengambilan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, kuisioner, dan uji laboratorium. Variabel yang diteliti adalah penjamah makanan, sanitasi kantin dan angka lempeng total makanan (ALT). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa 5 kantin memiliki kategori sanitasi kurang (≤70%). Higiene perseorangan, sertifikat higiene sanitasi makanan dan pemeriksaan kesehatan rutin merupakan komponen higiene penjamah yang memiliki skor terendah. Sedangkan lokasi, bangunan, dinding, langit-langit kantin, saluran limbah, tempat sampah, tempat cuci tangan, tempat cuci bahan makanan dan peralatan, tempat penyimpanan bahan makanan dan penyimpanan makanan jadi merupakan komponen sanitasi kantin yang memiliki skor terendah. Seluruh sampel makanan tidak memiliki ALT yang melebihi batas standar. Sampel makanan dengan ALT tertinggi adalah ikan laut bumbu kuning dan telur dadar. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat komponen higiene penjamah dan sanitasi kantin yang tidak sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan Nomer 1098 Tahun 2003 tentang Persyaratan Higiene Rumah Makan dan Restauran. Sehingga saran untuk penjamah adalah mengikuti pelatihan untuk meningkatkan perilaku higiene. Saran untuk instansi terkait adalah membuat peraturan tentang higiene sanitasi makanan disertai dengan sanksi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PSDKU.FKM. 06-18 Rah h
Uncontrolled Keywords: Higiene penjamah, sanitasi kantin, Angka Lempeng Total, Pelabuhan
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine
Divisions: 17. PSDKU Banyuwangi > Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
NURUL AULIA RAHMAH, 101411535008UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorCorie Indria Prasasti, S.KM., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 16 Nov 2018 11:33
Last Modified: 16 Nov 2018 11:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/75603
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item