OBYEK WISATA PANTAI REMEN TUBAN (Studi Deskriptif Tentang Partisipasi Masyarakat Dalam Pengembangan Obyek Wisata Pantai Pasir Putih Remen Tuban)

CEMPAKA RESTAVIANA, 151511413005 (2018) OBYEK WISATA PANTAI REMEN TUBAN (Studi Deskriptif Tentang Partisipasi Masyarakat Dalam Pengembangan Obyek Wisata Pantai Pasir Putih Remen Tuban). Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
abstrak fv pw 47 18.pdf

Download (53kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
FV PW 47 18 Res o.pdf
Restricted to Registered users only until 16 November 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Desa Remen adalah salah satu Desa yang ada di Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban yang memiliki obyek wisata unggulan yaitu Obyek Wisata Pantai Pasir Putih Remen. Obyek Wisata Pantai Pasir Putih Remen berlokasi di Jalan Sumur Gede, Desa Remen, Obyek Wisata Pantai Pasir Putih Remen memiliki pemandangan yang sangat indah, unik dan menarik karena pasirnya yang berwarna putih. Obyek Wisata Pantai Pasir Putih Remen diresmikan menjadi Obyek Wisata pada tanggal 22 Februari 2015. Pengembangan Obyek Wisata Pantai Pasir Putih Remen ini di lakukan oleh adanya Partisipasi Masyarakat Desa Remen yang diwakili oleh Kepala Desa, Perangkat Desa, Anggota Karang Taruna, dan beberapa warga desa yang terlibat sebagai penyedia fasilitas dan atraksi wisata. Berdasarkan penjelasan di atas, maka penulis tertarik untuk meneliti lebih lanjut bagaimana pengembangan Obyek Wisata Pantai Remen (Tentang Partisipasi Masyarakat Dalam Pengembangan Obyek Wisata Pantai Pasir Putih Remen Tuban). Dalam penyusunan penelitian ini Metodologi penelitian yang diambil oleh penulis adalah metode deskriptif kualitatif. Metode ini menitikberatkan pada observasi dan suasana ilmah tertentu, dengan menggunakan metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Peneliti bertindak sebagai pengamat, mengamati gejala, dan mengamati hasil observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : dalam rangka pengembangan Obyek Wisata Pantai Pasir Putih Remen dilakukan dengan adanya partisipasi masyarakat yang menerapkan 7 (tujuh) tipe tingkatan partisipasi berdasarkan karakteristiknya, yaitu partisipasi pasif/manipulatif yang dilakukan melaksanakan pengembangan tanpa memperhatikan tanggapan dari Pemerintah Kota Tuban yang melarang diresmikannya Pantai Pasir Putih sebagai obyek wisata, masyarakat Desa Remen juga menerapkan partisipasi dengan cara memberikan informasi dengan rutin berdiskusi dan bersama-sama dalam pengambilan keputusan, partisipasi melalui konsultasi juga dilakukan dengan mendengarkan kritik dan saran dari warga Desa Remen, partisipasi untuk insentif materiil dilakukan dengan adanya masyarakat Desa Remen yang berperan sebagai penyedia fasilitas dan atraksi wisata, partisipasi fungsional juga dilakukan dengan membentuk kelompok pengurus Obyek Wisata yaitu yang dijalankan oleh Karang Taruna “Tunas Juang” Desa Remen, partisipasi interaktif juga diterapkan masyarakat Desa Remen dengan ikut berpartisipasi dalam analisis bersama untuk pengembangan Obyek Wisata, dan self mobilization yang di terapkan masyarakat Desa remen dengan cara memegang kendali seutuhnya atas Obyek Wisata Pantai Pasir Putih Remen.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV PW 47/18 Res o
Uncontrolled Keywords: Partisipasi, Partisipasi Masyarakat, Pengembangan
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G154.9-155.8 Travel and state. Tourism
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
CEMPAKA RESTAVIANA, 151511413005UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorNur Emma Suriani, , S.Sos, M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 16 Nov 2018 15:57
Last Modified: 16 Nov 2018 15:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/75610
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item