HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP PENJAMAH MAKANAN DENGAN CARA PRODUKSI PANGAN YANG BAIK (CPPB) PADA INDUSTRI RUMAH TANGGA PANGAN DI KAMPUNG KUE SURABAYA

MAYA AMELIA, 101411231019 (2018) HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP PENJAMAH MAKANAN DENGAN CARA PRODUKSI PANGAN YANG BAIK (CPPB) PADA INDUSTRI RUMAH TANGGA PANGAN DI KAMPUNG KUE SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK FKM.270-18 Ame h ABSTRAK.pdf

Download (25kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK FKM.270-18 Ame h SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 16 November 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penerapan Cara Produksi Pangan yang Baik (CPPB) dapat meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan. Proses produksi yang baik bertujuan agar produk yang dihasilkan aman untuk dikonsumsi Pengetahuan dan sikap penjamah makanan dapat mempengaruhi perilaku penjamah makanan saat proses produksi. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis hubungan antara pengetahuan dan sikap dengan Cara Produksi Pangan yang Baik (CPPB). Penelitian ini merupakan penelitian observasional, menggunakan desain penelitian cross sectional. Sampel penelitian sebesar 38 orang penjamah makanan, diambil secara acak menggunakan random sampling. Pengumpulan data meliputi wawancara menggunakan kuesioner pengetahuan dan sikap terkait keamanan pangan serta pengamatan Cara Produksi Pangan yang Baik (CPPB). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi Spearman. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar penjamah makanan memiliki pengetahuan yang baik (81,58%), sikap yang cukup (55,26%) sedangkan Cara Produksi Pangan yang Baik (CPPB) masuk kategori buruk (89,47%). Terdapat hubungan antara sikap (p=0.018) dan pelatihan (p=0,000) dengan cara produksi pangan yang baik sedangkan tidak ada hubungan antara pengetahuan (p=0,329) dengan cara produksi pangan yang baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah semakin baik sikap penjamah makanan maka semakin baik pula Cara Produksi Pangan yang Baik (CPPB). Namun semakin baik pengetahuan penjamah makanan maka Cara Produksi Pangan yang Baik (CPPB ) semakin buruk. Penjamah makanan pada industri rumah tangga perlu memperhatikan kebersihan ruang produksi dan menggunakan pakaian kerja seperti celemek, penutup kepala dan penutup mulut. Penjamah makanan yang telah memiliki sertifikat keamanan pangan dapat melakukan sharing kepada penjamah makanan lainnya. Selain itu dapat dilakukan usulan kepada Dinas Kesehatan untuk memberikan pelatihan secara berkala.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.270/18 Ame h
Uncontrolled Keywords: Knowledge, attitude, good manufacturing practice, household food industry
Subjects: T Technology > TX Home economics > TX341-641 Nutrition. Foods and food supply
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Program Studi Gizi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
MAYA AMELIA, 101411231019UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorAnnis Catur Adi, Dr., Ir., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 16 Nov 2018 15:50
Last Modified: 16 Nov 2018 15:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/75611
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item