ANALISIS KUALITAS PELAYANAN (SERVQUAL)PADA POLI JANTUNG RSI JEMURSARI SURABAYA

RADITYA KHARISMA IMANSYAH, NIM : 041012179 (2018) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN (SERVQUAL)PADA POLI JANTUNG RSI JEMURSARI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
B 217_18 Ima a ABSTRAK.pdf

Download (99kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
B 217_18 Ima a.pdf
Restricted to Registered users only until 18 November 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tidak optimalnya kualitas pelayanan sebuah rumah sakit kepada pasien, akan memberikan dampak, salah satunya adalah antrian. Permasalahan antrian ini cukup kompleks dan terjadi hampir di seluruh rumah sakit, terlebih untuk rumah sakit umum seperti RSI Jemursari Surabaya. Poli yang memiliki antrian paling tinggi adalah Poli Jantung. Untuk mengatasi permasalahan antrian pelayanan Poli Jantung di RSI Jemursari Surabaya bagi pasien, diperlukan analisa prioritas peningkatan kualitas pelayanan dalam rangka mengoptimalkan pelayanan sehingga antrian bisa dikendalikan. Penentuan prioritas peningkatan kualitas pelayanan akan menggunakan pendekatan Servqual. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kualitas pelayanan pada Poli Jantung RSI Jemursari dengan metode Servqual, dan memberikan usulan terbaik untuk perbaikan kualitas pelayanan pada Poli Jantung RSI Jemursari. Pendekatan penelitian menggunakan kuantitatif dengan variabel kualitas pelayanan yang dibagi menjadi lima dimensi, yaitu tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy. Sampel penelitian adalah pasien Poli Jantung RSI Jemursari, sedangkan teknik analisis data menggunakan Servqual. Hasil analisis menunjukkan secara keseluruhan kualitas layanan memiliki gap negatif, artinya secara keseluruhan kualitas pelayanan Poli Jantung masih berada di bawah harapan pasien. Usulan terbaik untuk perbaikan kualitas pelayanan lebih diprioritaskan pada atribut pelayanan yang berada pada Kuandran I, keberadaannya dinilai sangat penting oleh pasien tetapi dalam pelaksanaanya masih belum sesuai harapan. Kelima atribut layanan tersebut adalah kejelasan informasi yang disampaikan petugas kepada pasien, daya tanggap perawat dalam menyelesaikan keluhan pasien, kelengkapan dan keakuratan informasi kepada pasien, kecepatan pelayanan petugas pendaftaran, dan ketepatan waktu jadwal pemeriksaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 217/18 Ima a
Uncontrolled Keywords: servqual, tangible, reliability, responsiveness, assurance, empathy
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.9.S88 System analysis and System design
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
RADITYA KHARISMA IMANSYAH, NIM : 041012179UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantTuwanku Aria Auliandri, SE., M.Sc.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 19 Nov 2018 14:02
Last Modified: 19 Nov 2018 14:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/75647
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item