PERBEDAAN PEMANFAATAN ONLINE FOOD ORDERING DAN POLA KONSUMSI (Studi pada Mahasiswa dengan Status Gizi Lebih dan Normal di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga Angkatan 2014-2016)

SHELLY AMALIA FITRIANTI, 101411131021 (2018) PERBEDAAN PEMANFAATAN ONLINE FOOD ORDERING DAN POLA KONSUMSI (Studi pada Mahasiswa dengan Status Gizi Lebih dan Normal di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga Angkatan 2014-2016). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK FKM.279-18 Fit p ABSTRAK.pdf

Download (22kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK FKM.279-18 Fit p SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 21 November 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Obesitas telah menjadi salah satu masalah paling umum di dunia. Prevalensi obesitas meningkat disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya kemudahan akses mendapatkan makanan, khususnya junk food dan makanan padat kalori yang saat ini dapat dibeli secara online. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan pemanfaatan online ordering food dan pola konsumsi pada mahasiswa berstatus gizi normal dan lebih. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Penelitian dilakukan di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga dengan 84 sampel, yakni responden dengan status gizi normal dan responden overweight yang menggunakan simple random sampling. Pengmpulan data dilakukan dengan memberikan kuesioner berisi data diri dan pemanfaatan online ordering food, serta instrumen pola konsumsi, yakni food frequency questionnaire dan food recall. Analisis statistik yang digunakan, yakni fisher exact, independent T-test, dan mann whitney. Sebagian besar subjek berusia antara 18-23 tahun, sebagian besar perempuan, tinggal dengan orang tua, melakukan pemesanan online 1-2x per bulan dan makanan yang dipesan adalah Asia. Mereka lebih nyaman mengakses produk secara online dan mayoritas mengonsumsi makanan dengan karbohidrat tinggi. Hasil menyatakan, bahwa terdapat perbedaan dalam frekuensi pemesanan makanan secara online (p = 0,024) tetapi tidak terdapat perbedaan dalam pola konsumsi dan asupan zat gizi makro (p> 0,05) pada responden dengan status gizi normal dan status gizi lebih. Kesimpulan dari penelitian ini, yaitu frekuensi pemesanan makanan secara online lebih banyak dilakukan oleh responden dengan status gizi lebih jika daripada responden dengan status gizi normal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.279/18 Fit p
Uncontrolled Keywords: food consumption patterns, obesity, online ordering food
Subjects: T Technology > TX Home economics > TX341-641 Nutrition. Foods and food supply
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
SHELLY AMALIA FITRIANTI, 101411131021UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorTriska Susila Nindya, S.KM., M.PH. (Nutr.)UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 21 Nov 2018 11:46
Last Modified: 21 Nov 2018 11:46
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/75677
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item