ANALISIS HUBUNGAN QUALITY OF WORK LIFE DENGAN EMPLOYEE SATISFACTION KARYAWAN DI RUMAH SAKIT ISLAM SURABAYA

DWI RATNA PARAMITHA, 101411131169 (2018) ANALISIS HUBUNGAN QUALITY OF WORK LIFE DENGAN EMPLOYEE SATISFACTION KARYAWAN DI RUMAH SAKIT ISLAM SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK FKM.285-18 Par a ABSTRAK.pdf

Download (47kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK FKM.285-18 Par a SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 26 November 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sumber Daya Manusia merupakan komponen penting dalam jalannya organisasi, dan memegang kendali utama dalam proses didalamnya, terutama bagi Rumah Sakit yang bergerak dalam pelayanan jasa yang menuntut adanya kontribusi yang lebih banyak dari karyawannya. Pada Rumah Sakit Islam Surabaya, kepuasan karyawan baru mencapai 76%. Oleh karena itu rendahnya kepuasan karyawan di Rumah Sakit Islam Surabaya, tentu perlu untuk ditindaklanjuti. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kondisi kualitas kehidupan kerja dan kepuasan karyawan di Rumah Sakit Islam Surabaya serta menganalisis hubungan diantara kedua variabel tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik, karena bertujuan untuk menganalisis hubungan antara 2 (dua) variabel, yaitu quality of work life dan employee satisfaction pada Rumah Sakit Islam Surabaya dimana tidak terdapat intervensi yang dilakukan pada variabel penelitian. Rancang bangun penelitian atau pendekatan yang digunakan adalah cross sectional study (transversal/ studi prevalensi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi kualitas kehidupan kerja di Rumah Sakit Islam Surabaya sudah baik, yaitu dengan 83,56% responden menyatakan baik dan 9,59% responden menyatakan sangat baik. Sedangkan kepuasan kerja di Rumah Sakit Islam Surabaya juga sudah baik dengan jumlah 80,82% responden dan 10,96% menyatakan sangat puas. Terdapat hubungan antara quality of work life (kualitas kehidupan kerja) dan employee satisfaction (kepuasan karyawan) dengan signifikansi 0,000 dan koefisien korelasi 0,542. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kondisi kualitas kehidupan kerja dan kepuasan karyawan di Rumah Sakit Islam Surabaya sudah baik. Karyawan di Rumah Sakit Islam Surabaya telah bekerja dengan kondisi kehidupan kerja yang baik, dan mereka puas dengan berbagai hal yang mereka dapat selama bekerja di Rumah Sakit Islam Surabaya. Kualitas kehidupan kerja dan kepuasan karyawan memiliki hubungan yang kuat dan searah. Semakin baik kualitas kehidupan kerja di Rumah Sakit Islam Surabaya, maka semakin banyak pula karyawan yang merasa puas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.285/18 Par a
Uncontrolled Keywords: quality of work life, employee satisfaction, employees
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3440-3460 Civil service. Government officials and employees
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
DWI RATNA PARAMITHA, 101411131169UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorNyoman Anita Damayanti, Dr., drg., M.S.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 26 Nov 2018 13:36
Last Modified: 26 Nov 2018 13:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/75807
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item