HUBUNGAN PERSONAL HYGIENE DAN KARAKTERISTIK INDIVIDU DENGAN KEJADIAN TINEA PEDIS PADA PEMULUNG DI TPA JABON SIDOARJO

INTAN TRI ARMAWATI, 101411131087 (2018) HUBUNGAN PERSONAL HYGIENE DAN KARAKTERISTIK INDIVIDU DENGAN KEJADIAN TINEA PEDIS PADA PEMULUNG DI TPA JABON SIDOARJO. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK FKM.289-18 Arm h ABSTRAK.pdf

Download (28kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK FKM.289-18 Arm h SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 26 November 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tinea pedis merupakan penyakit infeksi jamur dermatofita yang ditemukan di daerah kulit telapak kaki dan sela jari. Penyakit ini termasuk penyakit infeksi dermatofita yang sering terjadi. Tempat Pemrosesan Akhir merupakan tempat dengan lingkungan kerja yang panas, lembap, dan kotor yang dapat menjadi faktor tumbuhnya jamur dengan subur. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis hubungan personal hygiene dan karakteristik individu dengan kejadian Tinea pedis pada pemulung di TPA Jabon Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan desain studi cross sectional. Subjek penelitian adalah pemulung di TPA Jabon Sidoarjo sebanyak 46 orang yang diambil dari populasi menggunakan teknik simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 41,3% pemulung positif terkena Tinea pedis. Faktor yang berhubungan dengan kejadian Tinea pedis pada penelitian ini adalah masa kerja (p value 0,034), penggunaan APD sepatu boot memenuhi syarat saat bekerja (p value 0,035), penggunaan kaus kaki saat bekerja (p value 0,043), praktik mencuci praktik mencuci kaki dengan sabun setelah bekerja (p value 0,029). Kesimpulan dari penelitian ini adalah persentase Tinea pedis lebih besar pada pemulung yang memiliki masa kerja lebih lama, pemulung yang tidak menggunakan APD sepatu boot memenuhi syarat, pemulung yang tidak menggunakan kaus kaki saat bekerja, pemulung yang tidak mencuci kaki dengan sabun setelah bekerja. Saran yang diberikan adalah pemulung hendaknya menggunakan APD sepatu boot memenuhi syarat saat bekerja, menggunakan kaus kaki saat bekerja dan mencuci kaki dengan sabun setelah bekerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.298/18 Arm h
Uncontrolled Keywords: individual characteristics, personal hygiene, Tinea pedis
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
INTAN TRI ARMAWATI, 101411131087UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorLilis Sulistyorini, Dr., Ir., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 26 Nov 2018 17:51
Last Modified: 26 Nov 2018 17:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/75826
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item