TAMAN BUNGKUL SURABAYA SEBAGAI TAMAN REKREASI (Studi Deskriptif Tentang Upaya Peningkatan Kualitas Taman Bungkul Sebagai Taman Rekreasi oleh Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau Kota Surabaya)

YUKA ERISA, 151511413015 (2018) TAMAN BUNGKUL SURABAYA SEBAGAI TAMAN REKREASI (Studi Deskriptif Tentang Upaya Peningkatan Kualitas Taman Bungkul Sebagai Taman Rekreasi oleh Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau Kota Surabaya). Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak FV pw 53 18.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
FV PW 53 18 Eri t.pdf
Restricted to Registered users only until 28 November 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Taman Bungkul sebagai salah satu taman kota di Surabaya yang mendapatkan penghargaan Taman terbaik se-Asia tahun 2013 menjadi kebanggan warga kota Surabaya dan juga Indonesia di kancah internasional. Terkait dengan apa yang telah di raih, taman ini memiliki banyak fasilitas dan segala kenyamanannya sebagai ruang terbuka hijau yang memiliki fungsi sebagai taman rekreasi. Karena Taman Bungkul merupakan Taman Rekreasi dimana menjadi tujuan wisata bagi warga lokal Kota Surabaya maupun sekitarnya, maka unsurunsur di dalam taman untuk membuat pengunjung merasa nyaman harus selalu dijaga dan diterapkan. Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Kota Surabaya sebagai salah satu pengelola Taman Bungkul agar dapat memberikan kepuasan pada pengunjung. Oleh karenanya, peneliti tertarik mengambil judul,“Taman Bungkul Surabaya Sebagai Taman Rekreasi (Studi Deskriptif Tentang Upaya Peningkatan Kualitas Taman Bungkul Sebagai Taman Rekreasi oleh Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau Kota Surabaya).” Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara menerapkan unsur kebersihan, keindahan dan keamanan dilakukan oleh DKRTH di Taman Bungkul. Metode penelitian yang digunakan peneliti dalam mendapatkan informasi penerapan ketiga unsur tersebut oleh DKRTH yaitu Kualitatif dengan melakukan analisis dan menyajikan data secara sistematis berdasarkan fakta dan aktual. Pengumpulan informasi dan data penelitian dilakukan dengan observasi dan wawancara yang dilengkapi dengan gambar yang peneliti ambil. Koordinator Lapangan UPTD Taman Rekreasi Taman Bungkul beserta 4 staff lapangan lainnya sebagai informan dipilih berdasarkan profesinya yang berkaitan dan keterlibatan dengan tiga unsur tersebut di Taman Bungkul dan pengunjung sebagai informan yang menilai keberhasilan penerapan yang dilakukan oleh DKRTH. Penentuan lokasi penelitian ditentukan berdasarkan lokasi taman bungkul yang berada di jantung kota sebagai salah satu ruang terbuka hijau memiliki berbagai fasilitasnya yang lengkap sehingga dimanfaatkan sebagai taman rekreasi. Pengawasan akan staff di lapangan, pembagian jam kerja dan jumlah personel, serta persediaan alat yang memadai maka unsur kebersihan, keindahan dan keamanan dapat terwujud di Taman bungkul. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa, berbagai penerapan yang telah dilakukan mendapatkan kepuasan dari pengunjung Taman bungkul yang merasa demikian bahwa Taman Bungkul merupakan taman yang bersih, indah dan aman sehingga memberikan rasa nyaman dan aman untuk berekreasi di tengah padatnya kehidupan kota.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV PW 53/18 Eri t
Uncontrolled Keywords: Taman Bungkul, Taman Rekreasi
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > HT51-1595 Communities. Classes. Races > HT101-395 Urban groups. The city. Urban sociology > HT161-165 Garden cities. "The city beautiful"
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsNIM
YUKA ERISA, 151511413015UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDian Yulie Reindrawati, S.Sos M.M PhDUNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 28 Nov 2018 14:26
Last Modified: 28 Nov 2018 14:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/75859
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item