ALASAN REMAJA MENENTUKAN TEMPAT NONGKRONG (Studi Deskriptif Tentang Alasan Menentukan Karmen’s Eve sebagai Tempat Nongkrong oleh Remaja)

Rahel Vincentia, 151511413023 (2018) ALASAN REMAJA MENENTUKAN TEMPAT NONGKRONG (Studi Deskriptif Tentang Alasan Menentukan Karmen’s Eve sebagai Tempat Nongkrong oleh Remaja). Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak fv pw 58 18.pdf

Download (57kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
FV PW 58 18 Vin a.pdf
Restricted to Registered users only until 29 November 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kebutuhan remaja saat ini yang semakin kompleks yang juga dapat mempengaruhi permintaan pasar, akhirnya menimbulkan munculnya beberapa tempat-tempat baru yang paling menonjol saat ini adalah sebuah kafe. Kafe kian menjamur di berbagai kalangan masyarakat khususnya bagi anak muda. Maraknya kafe tersebut juga dibarengi dengan tema dan tujuan tertentu. Sebagai misal, beragam konsep dengan iringan musik, terjangkaunya harga, hingga sajian menu dengan nuansa tradisional sampai modern seakan menjadi daya tarik tersendiri. Hal tersebut kian membuktikan animo remaja di Kota Surabaya terdapat banyak kafe-kafe dan tempat makan. Keberadaan kafe sendiri dapat membentuk suatu mindset remaja untuk berkunjung. Dengan kata lain kafe dapat menjadi tujuan baru untuk berwisata. Oleh karena itu, perkembangan bisnis juga dapat menyebabkan terbentuknya wisata baru. Berkembangnya suatu bisnis seperti kafe mempengaruhi pula faktor wisata kuliner di Surabaya.Salah satu kafe yang berada di Surabaya adalah Karmen’s Eve. Karmen's Eve terletak di jalan Jl. Karang Menjangan yang juga berdekatan dengan kampus B Universitas Airlangga Surabaya. Karena lokasinya yang berada di dekat kampus kafe ini sering dikunjungi oleh mahasiswa dengan berbagai alasan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif karena pengumpulan data, penafsiran data dan penarikan kesimpulan dari penelitian ini adalah berupa angka beserta penjelasan dan penggambaran dari angka-angka tersebut dengan prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Penentuan sampling yang digunakan oleh peneliti adalah menggunakan kuisioner untuk wawancara terhadap remaja yang pernah mengunjungi kafe Karmen’s Eve. Peneliti menentukan remaja yang berusia 15 – 22 tahun dan mengambil sampel sebanyak 95 responden dengan jenis kelamin laki-laki dan perempuan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar alasan remaja mengunjungi Karmen’s Eve karena lokasi yang strategis dan didukung oleh fasilitas yang memadai serta keberagaman menu yang tersedia. Kopi menjadi menu minuman unggulan yang kafe ini tawarkan karena memang kafe ini memiliki embel-embel coffee shop pada penyebutan dan logo kafe tersebut. Melalui penelitian ini, penulis berharap kafe Karmen’s Eve dapat terus berkembang untuk dapat menjadi kafe yang jauh lebih baik dengan tetap memperhatikan segala kekurangan . Dalam proses pengembangan kafe Karmen’s Eve diharapakan dapat diikuti oleh seluruh pegawai secara menyeluruh dan konsisten agar tidak terjadi ketidakpuasan pengunjung. Sehingga dengan hal tersebut kafe Karmen’s Eve dapat semakin dikenal dan dikungjungi oleh lebih banyak remaja.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV PW 58/18 Vin a
Uncontrolled Keywords: Kafe; remaja; nongkrong
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV697-3024 Special classes > HV1421-1441 Young adults. Youth. Teenagers
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Rahel Vincentia, 151511413023UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorAndy Umardiono, , S.Sos. M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 29 Nov 2018 09:12
Last Modified: 29 Nov 2018 09:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/75865
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item