LAUNDRY HOTEL (Studi Deskriptif Tentang Upaya Mengatasi Ketidaktersediaan In House Laundry di Hotel Majapahit Surabaya)

Lenny Anggraeni Dewi Puspita Sari, 151511413003 (2018) LAUNDRY HOTEL (Studi Deskriptif Tentang Upaya Mengatasi Ketidaktersediaan In House Laundry di Hotel Majapahit Surabaya). Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak fv pw 59 18.pdf

Download (37kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
FV PW 59 18 Sar l.pdf
Restricted to Registered users only until 29 November 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Semakin berkembangnya usaha perhotelan di Indonesia khususnya di kota Surabaya ditandai dengan banyaknya pertumbuhan hotel baru mulai dari bintang 2 hingga bintang 5. Maka persaingan antara pengusaha hotel semakin ketat dan terbuka dengan tujuan mendapatkan tamu sebanyak-banyaknya. Diharapkan pengusaha hotel memiliki strategi untuk kemajuan hotel kedepan serta menempatkan diri dalam persaingan agar dapat berkompetisi dalam mendapatkan tamu dan bertahan di tengah persaingan yang kian ketat. Pada kenyataannya masih banyak ditemui hotel yang tidak memiliki in house laundry namun tetap dapat menyediakan fasilitas pencucian pada tamu yang menginap. Terbatasnya lahan salah satu faktor utama yang dialami oleh Hotel Majapahit Surabaya Managed by Accorhotels sehingga menggunakan jasa outside laundry dalam memenuhi tugas dan tanggung jawab yang ada di laundry hotel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya apa yang dilakukan oleh pihak manajemen Hotel Majapahit Surabaya Managed by Accorhotels dalam melakukan hubungan kerjasama dalam hal pencucian linen dengan pihak outside laundry. Penelitian ini menggunakan tipe penilitian deskriptif, dengan menganalisa dan menyajikan fakta secara sistematik sehingga dapat lebih mudah dipahami dam disimpulkan. Penelitian ini juga menggunakan metode kualitatif, data-data yang diperoleh adalah data primer, yaitu hasil obeservasi dan wawancara dan penulis juga mendapatkan dari data-data sekunder yang berasala dari dokumen. Upaya yang dilakukan oleh manajemen Hotel Majapahit Surabaya Managed by Accorhotels dalam mengatasi ketidaktersediaan in house laundry adalah dengan menjalin kerjasama dengan pihak outside laundry Garden Eco Laundry. Dari kerjasama yang telah disepakati ada beberapa faktor yang harus dipenuhi oleh pihak outside laundry. Kualitas laundry yang diutamakan yang meliputi kebersihan , warna dan keharumannya. Pelayanan yang diberikan juga menjadi salah satu faktor lainnya yang dipertimbangankan. Harga yang ditawarkan serta therms of condition dalam pembayaran juga menjadi suatu penentuan laundry tersebut akan dipertimbangkan pada Hotel Majapahit Surabaya.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV PW 59/18 Sar l
Uncontrolled Keywords: Hotel, laundry, in house laundry, outside laundry
Subjects: T Technology > TX Home economics > TX901-946.5 Hospitality industry. Hotels, clubs, restaurants, etc. Food service
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsNIM
Lenny Anggraeni Dewi Puspita Sari, 151511413003UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNovianto Edi Suharno, SST.Par. M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 29 Nov 2018 09:23
Last Modified: 11 Dec 2018 10:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/75866
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item