Kargo Udara (Studi deskriptif tentang Manajemen Complain saat Perishable Cargo offload di PT. Spero Aviation , Surabaya)

DEA ANANDITA PUTRI, 151511413001 (2018) Kargo Udara (Studi deskriptif tentang Manajemen Complain saat Perishable Cargo offload di PT. Spero Aviation , Surabaya). Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak fv pw 63 18.pdf

Download (122kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
FV PW 63 18 Put k.pdf
Restricted to Registered users only until 29 November 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Bisnis pengiriman kargo atau ekspor & impor di Indonesia, terbilang cukup potensial, dikarenakan minat masyarakat di Indonesia tentang jual beli cukup meningkat. Dikarenakan di Indonesia sendiri terdiri dari beragam kepualauan dan penduduknya pun juga banyak sehingga dinilai potensial dalam pergerakan bisnis ini. PT. Spero Aviation Surabaya merupakan perusahaan pengiriman kargo berjenis GSA, yang merupakan jenis perusahaan penyedia ruang kosong untuk kargo dari beberapa airlines yang bekerja sama. PT. Spero Aviation yang bertanggung jawab untuk melayani freight forwarder dalam proses pemesanan ruangan untuk kargo didalam pesawat terbang. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Penulis sebagai peneliti, selama melakukan proses penelitiannya melakukan observasi atau pengamatan langsung di PT. Spero Aviation Surabaya untuk mengamati bagaimana proses melakukan pemesanan slot cargo, kemudian melakukan wawancara dengan staf , supervisor dan pelanggan dari PT. Spero Aviation Surabaya. Peneliti juga mengumpulkan beberapa data berupa dokumen dan foto yang kemudian disusun dan dideskripsikan ke dalam bentuk yang lebih mudah dibaca dan dipahami. Hasil penelitian yang didapat oleh penulis adalah bagaimana prosedur pengiriman cargo udara dan cara pihak manajemen PT. Spero Aviation Surabaya dalam menangani complaint yang terjadi jika cargo terlambat untuk terbang. Manajemen komplain yang sudah dilakukan oleh PT. Spero Aviation Surabaya dalam menangani komplain dari konsumen sudah memenuhi unsur unsur Comitment (Pegawai PT. Spero Aviation sudah berkomitmen untuk mendengarkan pelanggannya terlebih dahulu), Visible (Menjelaskan tentang masalah yang terjadi kepada customer dengan jelas tanpa ada yang ditutupi), Accesible (komplain bisa disampaikan 24jam melalui email maupun telepon), Sederhana (prosedur komplain sangat mudah), Cepat (PT. Spero Aviation akan berusaha dengan cepat untuk menanggapi komplain dari pelanggannya), Fair (pelanggan biasa maupun yang komplain diperlakukan dengan adil), Konfidensia (data pelanggan dijamin privasinya), Records (setiap bulan ada data keseluruhan komplain yang akan di diskusikan selama rapat bulanan), Sumber Daya (terdapat customer service) dan Remidy (ganti rugi berupa uang cash maupun jadwal baru).

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV PW 63/18 Put k
Uncontrolled Keywords: Kargo; komplain
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5546-5548.6 Office management
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsEmail
DEA ANANDITA PUTRI, 151511413001UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorNur Emma Suriani, S.Sos M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 29 Nov 2018 14:35
Last Modified: 29 Nov 2018 14:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/75871
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item