PENGARUH FIT DAN TYPE OF PRODUCT (HEDONIC vs UTILITARIAN) PADA PROGRAM CAUSE-RELATED MARKETING TERHADAP SIKAP KONSUMEN

PRIYANGGA HARYAKUSUMA PRADANA, 041112271 (2018) PENGARUH FIT DAN TYPE OF PRODUCT (HEDONIC vs UTILITARIAN) PADA PROGRAM CAUSE-RELATED MARKETING TERHADAP SIKAP KONSUMEN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (27kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
B 295-18 Pra p.pdf
Restricted to Registered users only until 28 November 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam persaingan bisnis yang semakin kompetitif, perusahaan berupaya melakukan berbagai strategi untuk dapat bertahan dan berkembang dalam pasar. Salah satunya adalah melakukan CRM (Cause-Related Marketing), CRM memberikan banyak manfaat, yaitu peningkatan volume penjualan, citra positif perusahaan atau merek di mata konsumen dan mendapatkan perhatian konsumen baru. Dalam penerapan CRM ada faktor-faktor yang perlu diperhatikan oleh pemasar, yaitu tingkat kecocokan antara merek/perusahaan dengan cause (fit) dan jenis produk hedonis atau utilitarian (type of product:hedonic vs utilitarian). Penelitian ini akan menguji bagaimana pengaruh kedua faktor tersebut terhadap sikap konsumen. Penelitian ini menggunakan metode field eksperimen dengan desain between subject. Data yang digunakan adalah data primer, yang diperoleh dari 120 orang Partisipan yang merupakan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga. Hasil penelitian ini mengungkapkan fit tinggi dalam program CRM memberikan pengaruh yang lebih positif dan type of product (hedonis vs utilitarian) keduanya memberikan pengaruh yang sama positif terhadap respon konsumen. Namun demikian tidak adanya interaksi yang antara fit dan type of product dalam mempengaruhi sikap konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B.295/18 Pra p
Uncontrolled Keywords: Eksperimen, CSR. CRM, fit/tingkat kecocokan, type of product, hedonis, utilitarian, sikap konsumen
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
PRIYANGGA HARYAKUSUMA PRADANA, 041112271UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorBadri Munir Sukoco, Prof. , S.E., M.B.A., Ph.D.UNSPECIFIED
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 28 Nov 2018 10:51
Last Modified: 28 Nov 2018 10:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/75888
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item