PENGGUNAAN ALIH KODE DAN CAMPUR KODE PEDAGANG PADA AKTIVITAS JUAL BELI DI PASAR PACAR KELING SURABAYA: KAJIAN SOSIOLINGUISTIK

HILGA PUTERA PERDANA, 121011074 (2018) PENGGUNAAN ALIH KODE DAN CAMPUR KODE PEDAGANG PADA AKTIVITAS JUAL BELI DI PASAR PACAR KELING SURABAYA: KAJIAN SOSIOLINGUISTIK. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
FS BI 61 18 Per p ABSTRAK.pdf

Download (119kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FS BI 61 18 Per p FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only until 28 November 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan alih kode dan campur kode pedagang pada transaksi jual beli di pasar tradisional Pacar Keling Surabaya. Dalam penelitian ini juga dijelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan alih kode dan campur kode pada transaksi jual beli di pasar tradisional Pacar Keling Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data simak bebas libat cakap dan teknik catat, Pola penggunaan yang dideskripkan dalam penelitian ini yaitu bentuk alih kode dan campur kode bahasa yang digunakan dalam komunikasi saat melakukan transaksi jual beli antara pedagang dan pembeli di pasar tersebut. Objek penelitian ini yaitu pada pedagang di pasar tradisional Pacar Keling Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alih kode antara pedagang dengan pembeli terdiri dari bahasa Indonesia ke bahasa Jawa, bahasa Indonesia ke bahasa Madura, dan bahasa Jawa ke bahasa Madura. Sedangkan campur kode terdiri dari bahasa Indonesia dengan bahasa Jawa, bahasa Jawa dengan bahasa Madura, dan bahasa Indonesia dengan bahasa Mandarin dan bahasa Jawa. Faktor-faktor dibalik penggunaan alih kode dan campur kode yaitu menyesuaikan diri dengan mitra tutur, mengakrabkan diri dengan mitra tutur, serta merahasiakan harga dari pembeli lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK 2 FS BI 61/18 Per p
Uncontrolled Keywords: Alih Kode, Campur Kode, Jual Beli, Pasar, Pacar Keling, Sosiolinguistik.
Subjects: P Language and Literature > PJ Semitic > PJ6073-7144 Language
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
HILGA PUTERA PERDANA, 121011074UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorMoch. Jalal, , S.S., M.Hum.,UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 28 Nov 2018 11:36
Last Modified: 28 Nov 2018 11:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/75894
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item