ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KELUHAN MUSCULOSKELETAL DISORDERS (MSDs) PADA OPERATOR FORKLIFT DI PT. ASAHIMAS FLAT GLASS Tbk SIDOARJO

RIZQAL HADIY SATRIYO, 101111090 (2018) ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KELUHAN MUSCULOSKELETAL DISORDERS (MSDs) PADA OPERATOR FORKLIFT DI PT. ASAHIMAS FLAT GLASS Tbk SIDOARJO. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK FKM.292-18 Sat a ABSTRAK.pdf

Download (29kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK FKM.292-18 Sat a SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 29 November 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

PT. Asahimas Flat Glass, Tbk, banyak menggunakan forklift dalam kegiatan angkat-angkutnya. Namun penggunaan forklift dapat menyebabkan Musculoskeletal Disorders (MSDs) pada operator forklift. Hal tersebut dapat terjadi karena beberapa faktor seperti faktor individu dan faktor pekerjaan. Untuk itu perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui hubungan antara faktor-faktor tersebut dengan keluhan MSDs pada operator forklift. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan desain cross sectional. Populasi berjumlah 96 orang dengan sampel penelitian adalah 50 orang yang diambil dengan menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa faktor individu memiliki hubungan dengan keluhan MSDs pada operator forklift di PT. Asahimas Flat Glass, Tbk Sidoarjo. Faktor-faktor tersebut yaitu usia, masa kerja, dan kebiasaan merokok. Faktor pekerjaan yaitu postur kerja juga memiliki hubungan dengan keluhan MSDs. Untuk stasiun kerja, tinggi popliteal, panjang popliteal, tinggi sandaran bahu, tinggi sandaran siku, dan jangkauan tangan memiliki hubungan dengan keluhan MSDs. Sementara itu, lebar pinggul dan lebar bahu tidak memiliki hubungan dengan keluhan MSDs pada operator forklift. Kesimpulannya, keluhan MSDs sangat berhubungan dengan faktor individu dan faktor pekerjaan yang dialami oleh operator forklift. Agar keluhan MSDs tidak terjadi dan menganggu aktifitas perusahaan, sebaiknya dilakukan pemeriksaan rutin terhadap forklift dan kesehatan pekerja, pemberian pengetahuan tentang MSDs dan cara pencegahannya kepada operator forklift agar keluhan MSDs dapat dicegah sedini mungkin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.292/18 Sat a
Uncontrolled Keywords: Musculoskeletal Disorders, Individual Factors, Work Factors, Environmental Factors, Forklift Operators.
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA565-600 Environmental health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
RIZQAL HADIY SATRIYO, 101111090UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorNoeroel Widajati, Dr., S.KM., M.Sc.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 29 Nov 2018 10:47
Last Modified: 29 Nov 2018 10:47
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/75933
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item