HUBUNGAN ANTARA TINGKAT STRES MENJELANG UJIAN NASIONAL DENGAN TINGKAT DISMENOREA PRIMER PADA REMAJA SISWI KELAS III SMPN 15 SURABAYA

WIDYA OCTAVIANA, 011411231024 (2018) HUBUNGAN ANTARA TINGKAT STRES MENJELANG UJIAN NASIONAL DENGAN TINGKAT DISMENOREA PRIMER PADA REMAJA SISWI KELAS III SMPN 15 SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
FK PD 85 18 abstrak.pdf

Download (17kB) | Preview
[img] Text (Full Text)
FK BID 85 18.pdf
Restricted to Registered users only until 30 November 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dismenorea merupakan gangguan atau rasa sakit saat menstruasi. Dismenorea atau nyeri menstruasi adalah salah satu masalah ginekologi yang sering dikeluhkan. Banyak remaja putri yang mengalami hal yang tidak menyenangkan selama menstruasi seperti kram yang dirasakan di daerah perut bagian bawah dan dapat menjalar ke punggung atau permukaan dalam paha, yang terkadang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan membutuhkan pengobatan. salah satu penyebab dismenorea adalah faktor psikis yaitu stres. Hasil wawancara survei pendahuluan di SMPN 15 Surabaya dari 9 siswi menunjukkan bahwa 7 siswi mengalami dismenorea, 4 siswi diantaranya mengaku bahwa tingkat nyeri haid lebih tinggi akhir-akhir ini saat memasuki kelas III. Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara tingkat stres menjelang ujian nasional dengan tingkat dismenorea primer pada remaja siswi Kelas III SMPN 15 Surabaya. Subjek penelitian ini adalah siswi kelas III SMPN 15 Surabaya yang masuk kriteria inklusi dan eksklusi. Metode: Jenis penelitian ini adalah observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Jumlah populasi 192 siswi. Penelitian ini menggunakan sampel sebagian populasi yaitu 80 siswi. Pengumpulan data digunakan dengan pengisian kuisioner oleh responden. Analisis data yang digunakan uji spearman rank tests. Hasil: Dari hasil uji spearmen menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara tingkat stres menjelang ujian nasional dengan tingkat dismenorea (p value:0,000) yang artinya terdapat hubungan antara tingkat stres menjelang ujian nasional dengan tingkat dismenorea primer pada remaja siswi kelas III SMPN 15 Surabaya. Kesimpulan: Sebagian besar siswi SMPN 15 Surabaya yang akan melaksanakan ujian nasioanal mengalami tingkat stres normal (34%) dan ringan (31%) serta hampir separuh responden mengalami dismenorea ringan (44%) dan sedang (43%), dari hasil tersebut didapatkan hubungan antara Tingkat Stress Menjelang Ujian Nasional dengan tingkat dismenorea pada remaja siswi kelas III SMPN 15.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK FK.BID. 85/18 Oct h
Uncontrolled Keywords: Primary Dysmenorrhea, Menstrual Pain, Adolescence, Stres levels.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Pendidikan Bidan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
WIDYA OCTAVIANA, 011411231024UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorMuhammad Yusuf, dr. Sp.OGUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email dewi@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 30 Nov 2018 10:43
Last Modified: 04 Dec 2018 14:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/75998
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item