IDENTIFIKASI WASTE PADA PROSES PELAYANAN INSTALASI GAWAT DARURAT DI RUMAH SAKIT BUNDA SURABAYA DENGAN MENGGUNAKAN METODE VALUE STREAM ANALYSIS TOOLS

DELI ANUGRAH, NIM : 041511223081 (2018) IDENTIFIKASI WASTE PADA PROSES PELAYANAN INSTALASI GAWAT DARURAT DI RUMAH SAKIT BUNDA SURABAYA DENGAN MENGGUNAKAN METODE VALUE STREAM ANALYSIS TOOLS. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
B 230_18 Anu i ABSTRAK.pdf

Download (24kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
B 230_18 Anu i.pdf
Restricted to Registered users only until 30 November 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Industri jasa sedang mengalami perkembangan, salah satunya pada bidang kesehatan. Rumah Sakit Bunda di Surabaya merupakan salah satu rumah sakit yang sedang melakukan peningkatan pada kualitas layanannya. Perkembangan yang dilakukan menggunakan konsep lean hospital yang bertujuan untuk meminimalisir waste yang terjadi pada proses layanan pasien. Penelitian ini mempelajari bagaimana lean hospital diterapkan di proses layanan pasien di Instalasi Gawat Darurat (IGD) di Rumah Sakit Bunda di Surabaya. Dengan metode kualitatif, terlihat pada big picture mapping bahwa aktivitas bernilai tambah (VA) sebanyak 5 dan aktivitas tidak bernilai tambah (NVA) sebanyak 4 di IGD. Hal ini menunjukkan adanya waste dalam proses pelayanan pasien di IGD. Kemudian menggunakan VALSAT untuk memilih tools yang tepat untuk melakukan detailed mapping dari proses layanan pasien. Hasil dari identifikasi, pembobotan pemborosan adalah waiting sebesar 2.8, defect sebesar 2.5, unnecessary motion sebesar 2.35, overproduction sebesar 1.9, overprocessing sebesar 1.9, transportation sebesar 1.75, dan unnecessary inventory sebesar 1.3. Dengan menggunakan fishbone diagram dapat ditemukan akar penyebab waste yang terjadi. Dan menggunakan lean hospital untuk usulan perbaikan yang dapat dilakukan oleh pihak Rumah Sakit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 230/18 Anu i
Uncontrolled Keywords: Lean hospital, VALSAT, Big Picture Mapping, Emergency, Fishbone Diagram, IGD.
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS156 Quality control and management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
DELI ANUGRAH, NIM : 041511223081UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantIndrianawati Usman, Dr., SE., M.Sc.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 30 Nov 2018 11:12
Last Modified: 30 Nov 2018 11:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/76007
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item