PENGARUH PENGUNGKAPAN ENTERPRISE RISK MANAGEMENT TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur dan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

VENNIA INDRIYANI, 041411535028 (2018) PENGARUH PENGUNGKAPAN ENTERPRISE RISK MANAGEMENT TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur dan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
PSDKU. A. 04-18 Ind p Abstrak.pdf

Download (220kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
PSDKU. A. 04-18 Ind p.pdf
Restricted to Registered users only until 30 November 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengungkapan Enterprise Risk Management terhadap nilai perusahaan. Variabel yang diuji dalam penelitian ini terdiri dari pengungkapan Enterprise Risk Management, ukuran perusahaan, leverage, profitabilitas dan nilai perusahaan yang diproksikan dengan Tobin’s Q. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur dan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode 2014- 2016. Penelitian ini menggunakan rumus Slovin untuk menentukan ukuran sampel, sehingga diperoleh 65 perusahaan yang digunakan sebagai sampel. Sumber data yang digunakan berasal dari laporan tahunan perusahaan dengan teknik pengumpulan data yaitu studi dokumentasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis yaitu content analysis dalam mengukur pengungkapan Enterprise Risk Management dan regresi linier berganda untuk menguji hipotesis menggunakan bantuan aplikasi Statistical Product and Serve Solution (SPSS) 21. Hasil penelitian ini menemukan bahwa pengungkapan Enterprise Risk Management berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan dengan nilai signifikan sebesar 0,019. Ukuran perusahaan dan profitabilitas sebagai variabel kontrol juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkan leverage tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 PSDKU. A. 04-18 Ind p
Uncontrolled Keywords: Pengungkapan Enterprise Risk Management, Ukuran Perusahaan, Leverage, Profitabilitas, dan Nilai Perusahaan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Divisions: 16. PSDKU Banyuwangi > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
VENNIA INDRIYANI, 041411535028UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorKhusnul Prasetyo, S.E., MM., Ak.,UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 30 Nov 2018 11:18
Last Modified: 30 Nov 2018 11:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/76010
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item