ANALISIS FAKTOR KEPATUHAN MENCUCI TANGAN DI RUMAH SAKIT ISLAM SURABAYA

FAHRUN NISA ARSABANI, 101411131030 (2018) ANALISIS FAKTOR KEPATUHAN MENCUCI TANGAN DI RUMAH SAKIT ISLAM SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK FKM.305-18 Ars a ABSTRAK.pdf

Download (29kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK FKM.305-18 Ars a SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 30 November 2021.

Download (777kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Rumah Sakit memiliki kewajiban untuk membuat, melaksanakan, dan menjaga standar mutu pelayanan kesehatan. Infeksi di Rumah Sakit merupakan salah satu penyebab utama kematian dan peningkatan morbiditas pada pasien, yang dapat terjadi karena perilaku tidak hygiene, yang dapat dicegah dengan melakukan cuci tangan lima momen. Namun, di Rumah Sakit Islam Surabaya, angka kepatuhan cuci tangan tidak mencapai target. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan faktor kepatuhan mencuci tangan dengan kepatuhan pelaksanaan mencuci tangan di Rumah Sakit Islam Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional, dengan menganalisis hubungan faktor kepatuhan dengan kepatuhan mencuci tangan di Rumah Sakit Islam Surabaya. Variabel kepatuhan yang diteliti adalah ketersediaan sumber daya, kepemimpinan, lama kerja, persepsi, pemahaman tentang instruksi, kualitas interaksi, keyakinan, sikap, kepribadian dan isolasi sosial, dengan sasaran adalah 67 karyawan Rumah Sakit Islam Surabaya. Rancang bangun penelitian yang digunakan adalah cross sectional dengan analisis statistik yaitu chi-square. Hasil penelitian menunjukkan 56,72% responden tidak patuh melakukan cuci tangan. Terdapat tujuh variabel yang berhubungan dengan kepatuhan mencuci tangan, yaitu ketersediaan sumber daya, persepsi, pemahaman tentang instruksi, kualitas interaksi, keyakinan, sikap dan isolasi sosial (p < 0,05). Kesimpulan dari penelitian ini adalah kondisi kepatuhan mencuci tangan di lima momen mencuci tangan karyawan Rumah Sakit Islam Surabaya tergolong kurang. Sehingga dibutuhkan upaya evaluasi melalui penjaringan aspirasi karyawan secara continue dalam meningkatkan program cuci tangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.305/18 Ars a
Uncontrolled Keywords: compliance, hand hygiene, hospital
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
FAHRUN NISA ARSABANI, 101411131030UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNyoman Anita Damayanti, Dr., drg., M.S.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 30 Nov 2018 12:49
Last Modified: 30 Nov 2018 12:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/76022
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item