PENGARUH STATE-OWNERSHIP DAN POLITICAL CONNECTION TERHADAP TINGKAT LABOR COST STICKINESS

INAYATUL LATIFAH, 041411535029 (2018) PENGARUH STATE-OWNERSHIP DAN POLITICAL CONNECTION TERHADAP TINGKAT LABOR COST STICKINESS. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
PSDKU. A. 05-18 Lat p Abstrak.pdf

Download (204kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
PSDKU. A. 05-18 Lat p.pdf
Restricted to Registered users only until 30 November 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini menguji pengaruh state-ownership dan political connection terhadap tingkat perilaku labor cost stickiness. Pemerintah mengendalikan penyerapan tenaga kerja melalui perusahaan milik negara (state-ownership/SOE) dengan mempertahankan jumlah tenaga kerja. Perusahaan yang memiliki koneksi politik memperoleh hak istimewa dalam hal kredit untuk membantu perusahaan dalam menjalankan aktivitasnya. Koneksi politik juga dapat menekan tingkat upah tenaga kerja sehingga mampu mempertahankan jumlah tenaga kerja. Apabila halhal tersebut dilakukan ketika perusahaan mengalami penurunan penjualan, maka akan menimbulkan perilaku biaya tenaga kerja menjadi sticky. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan tahun penelitian 2012-2016. Sampel penelitian ditentukan dengan metode purposive-sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan data sekunder yang bersumber dari laporan tahunan dan laporan keuangan yang telah diaudit. Model analisis menggunakan model regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa state-ownership memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap tingkat labor cost stickiness. Sedangkan, political connection memiliki pengaruh positif tidak signifikan terhadap tingkat labor cost stickiness.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 PSDKU. A. 05-18 Lat p
Uncontrolled Keywords: tingkat labor cost stickiness, state-ownership, political connection, perusahaan manufaktur
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD3611-4730.9 Industrial policy. The state and industrial organization Including licensing of occupations and professions, subsidies, inspection, government ownership, municipal services
Divisions: 17. PSDKU Banyuwangi > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
INAYATUL LATIFAH, 041411535029UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKhusnul Prasetyo, SE., MM., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 30 Nov 2018 14:13
Last Modified: 30 Nov 2018 14:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/76027
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item