HUBUNGAN ANTARA FAKTOR PERSONAL DAN SELF EFFICACY DENGAN PERILAKU SADARI SEBAGAI UPAYA DETEKSI DINI KANKER PAYUDARA PADA MAHASISWI S1 KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS AIRLANGGA

ZAHRA FATIMAH YUNIAR, 101411131104 (2018) HUBUNGAN ANTARA FAKTOR PERSONAL DAN SELF EFFICACY DENGAN PERILAKU SADARI SEBAGAI UPAYA DETEKSI DINI KANKER PAYUDARA PADA MAHASISWI S1 KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS AIRLANGGA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK FKM.309-18 Yun h ABSTRAK.pdf

Download (22kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK FKM.309-18 Yun h SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 30 November 2021.

Download (822kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kejadian kanker payudara merupakan jenis penyakit kanker yang dapat mematikan dan banyak menyerang kalangan wanita. Tanda awal sebelum terjadi kanker payudara dapat diketahui secara dini dengan melakukan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI). SADARI mulai dianjurkan pada wanita usia 20 tahun ke atas. Secara umum, seseorang akan melakukan kegiatan SADARI jika memiliki pengetahuan yang memadai. Mahasiswi kesehatan masyarakat memasuki jenjang usia 20 tahun dan memiliki pengetahuan yang memadai melakukan langkah upaya preventif dan promotif untuk menangani masalah kesehatan khususnya kanker payudara. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis hubungan antara faktor personal (pegetahuan, sikap, riwayat kanker payudara keluarga dan riwayat kanker payudara diri sendiri) dan self efficacy dengan perilaku SADARI. Penelitian ini merupakan penelitian descriptive correlational, menggunakan desain penelitian cross sectional. Sampel penelitian sebesar 186 orang, diambil secara acak menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data meliputi pengisian lembar kuesioner pengetahuan, sikap, self efficacy dan perilaku SADARI. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara sikap (p=0,023) dan self efficacy (p=0,000) dengan perilaku SADARI. Sedangkan antara pengetahuan (p=0,863), riwayat kanker payudara keluarga (p=0,591), dan riwayat kanker payudara diri sendiri (p=0,164) tidak ada hubungan dengan perilaku SADARI. Kesimpulan dari penelitian ini adalah mayoritas responden memiliki sikap baik dan self efficacy yang mendukung untuk melakukan kegiatan pemeriksaan payudara sendiri baik dan rutin. Oleh sebab itu, perlu dilakukan peningkatan self efficacy melakukan SADARI dengan meningkatkan motivasi, dinamika metode pembelajaran yang interaktif dan tematik agar mahasiswi lebih peduli terhadap kesehatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.209/18 Yun h
Uncontrolled Keywords: Personal Factors, Self-Efficacy, Behavior, BSE.
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC0254 Neoplasms. Tumors. Oncology (including Cancer)
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
ZAHRA FATIMAH YUNIAR, 101411131104UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorM. Bagus Qomaruddin, Dr., Drs., M.Sc.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 30 Nov 2018 15:36
Last Modified: 30 Nov 2018 15:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/76035
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item