NILAI AMBANG DENGAR PADA KARYAWAN BAGIAN AIR SEPARATION PLAN DI PT.X

HANIS PRASETYANINGTYAS, 101311133214 (2018) NILAI AMBANG DENGAR PADA KARYAWAN BAGIAN AIR SEPARATION PLAN DI PT.X. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK FKM 344 - 18 Pra n-Abstrak.pdf

Download (57kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK FKM 344 - 18 Pra n.pdf
Restricted to Registered users only until 1 December 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kebisingan di tempat kerja dapat menimbulkan gangguan bagi pekerja,salah satunya adalah dengan penurunan nilai ambang dengar pekerja. Banyak hal yang menyebabkan bergesernya nilai ambang dengar pekerja seperti usia, lama paparan, lama usia bekerja, kepatuhan penggunaan alat pelindung diri atau bahkan riwayat penyakit yang pernah di derita. Pada perusahaan X ini terdapat beberapa bagian yang saat proses produksi menimbulkan suatu kebisingan yang telah melebihi nilai ambang batas yang telah ditentukan, salah satunya pada bagian Air Separation Plan. Hal ini menyebabkan pekerja beresiko mengalami pergeseran atau penurunan nilai ambang dengar. Penelitian ini adalah penelitian observasional deskriptif dengan desain studi cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh karyawan pada bagian Air Separation Plan yang berjumlah 12 orang. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini yaitu umur, lama paparan, lama usia bekerja, kepatuhan penggunaan alat pelindung diri, dan riwayat penyakit yang pernah di derita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intensitas kebisingan yang ada pada plan ini sebesar 126 dB. Umur pekerja di bagian plan ini mulai dari 23 - 47 tahun. Lama paparan saat bekerja adalah 5-15 menit. Lama usia bekerja yang paling banyak adalah 1-5 tahun. Dalam kepatuhan penggunaan alat pelindung diri banyak pekerja yang telah mematuhinya. Dan sebagian besar pekerja tidak memiliki riwayat penyakit yang dapat berhubungan dengan pergeseran nilai ambang dengar pekerja tersebut. Hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat hubungan antara kepatuhan penggunaan alat pelindung diri dan juga riwayat penyakit dengan pergeseran nilai ambang dengar pekerja pada bagian Air Separation Plan ini. Dari 12 pekerja terdapat 8 pekerja yang tidak mengalami gangguan pendengaran dan 4 pekerja mengalami gangguan pendengaran. Disarankan bagi perusahaan untuk lebih melakukan pendisiplinan terhadap penggunaan alat pelindung diri dan juga melakukan cek up secara rutin guna mengetahui apakah pekerja banyak yang mengalami gangguan akibat kebisingan yang ada.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 344/ 18 Pra n
Uncontrolled Keywords: Noise, Thershold Limit Value, The Obedience with Personal Protective Equipment
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD7260-7780.8 Industrial hygiene. Industrial welfare
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA565-600 Environmental health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
HANIS PRASETYANINGTYAS, 101311133214UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorTjipto Suwandi, Prof. Dr., dr.,M.OH,SpOKUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 01 Dec 2018 12:48
Last Modified: 01 Dec 2018 12:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/76042
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item