ANALISIS HUBUNGAN ANTARA FAKTOR PENYEBAB KECELAKAAN KERJA DENGAN PERILAKU TIDAK AMAN PADA PEKERJA PT. X

FIRDA RAHMAWATI, 101411131086 (2018) ANALISIS HUBUNGAN ANTARA FAKTOR PENYEBAB KECELAKAAN KERJA DENGAN PERILAKU TIDAK AMAN PADA PEKERJA PT. X. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK FKM 346 - 18 Rah a-Abstrak.pdf

Download (28kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK FKM 346 - 18 Rah a.pdf
Restricted to Registered users only until 1 December 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kecelakaan kerja di Indonesia saat ini masih menjadi permasalahan yang besar di bidang K3. Penyebab kecelakaan kerja salah satunya adalah perilaku tidak aman pekerja. Pada perusahaan manufaktur pembuatan mobil PT. X merupakan salah satu perusahaan otomotif terbesar di Indonesia juga memiliki potensi bahaya terhadap kecelakaan kerja. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis hubungan antara faktor penyebab kecelakaan dengan perilaku tidak aman pada pekerja PT. X. Perilaku tidak aman pada penelitian ini adalah kepatuhan SOP pekerja. Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan desain cross sectional. Sampel penelitian ini sebesar 30 pekerja dari total populasi sebesar 33 pekerja di bagian CEVD PT. X. Sampel diambil dengan menggunakan metode simple random sampling. Data didapatkan dengan menyebarkan kuesioner, observasi lapangan dan wawancara pada pekerja. Data disajikan dalam bentuk distribusi frekuensi dan tabulasi silang dianalisis secara statistik menggunakan uji Spearman dan Uji Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pelatihan pekerja, umur, dan masa kerja tidak memiliki hubungan dengan perilaku kepatuhan SOP. Pada variabel pengetahuan terdapat hubungan dengan perilaku kepatuhan SOP dengan hasil uji statistik sebesar 0.000. Pada variabel motivasi juga memiliki hubungan dengan perilaku kepatuhan SOP sebesar 0.004. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu semakin tinggi umur dan masa kerja tidak dapat menggambarkan peningkatan kepatuhan SOP, sedangkan semakin tinggi pelatihan pekerja, pengetahuan dan motivasi dapat meningkatkan kepatuhan SOP pada pekerja. Perlu meningkatkan pengetahuan pekerja melalui program Small Group Activity untuk mengurangi perilaku tidak aman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 346/ 18 Rah a
Uncontrolled Keywords: unsafe actions, work accidents, manufacturing companies
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV675-677 Accidents. Prevention of accidents
T Technology > T Technology (General) > T55-T55.3 Industrial safety. Industrial accident prevention
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
FIRDA RAHMAWATI, 101411131086UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorY. Denny Ardyanto W., Dr., Ir. M.S.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 01 Dec 2018 13:13
Last Modified: 01 Dec 2018 13:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/76044
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item