HUBUNGAN KEIKUTSERTAAN HYPNOBIRTHING DENGAN TINGKAT KECEMASAN IBU HAMIL DALAM MENGHADAPI PERSALINAN DI KABUPATEN SIDOARJO, JAWA TIMUR ( Studi di Bidan X Sidoarjo dan Bidan Y Sidoarjo)

ADINA FITRA JAYANTI, 101411131092 (2018) HUBUNGAN KEIKUTSERTAAN HYPNOBIRTHING DENGAN TINGKAT KECEMASAN IBU HAMIL DALAM MENGHADAPI PERSALINAN DI KABUPATEN SIDOARJO, JAWA TIMUR ( Studi di Bidan X Sidoarjo dan Bidan Y Sidoarjo). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK FKM 349 - 18 Jay h-Abstrak.pdf

Download (27kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK FKM 349 - 18 Jay h.pdf
Restricted to Registered users only until 1 December 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kehamilan, persalinan dan memiliki anak merupakan sebuah kodrat seorang wanita dan dinanti oleh setiap wanita yang telah berkeluarga. Bertambahnya usia kehamilan, ibu hamil merasa semakin cemas karena semakin mendekati persalinan. Rasa takut menjelang persalinan menjadi ketakutan yang paling sering dialami ibu selama hamil. Ibu hamil perlu menyempatkan diri memelihara keselarasan pikiran dan tubuh lewat relaksasi. Teknik relaksasi tersebut salah satunya adalah hypnobirthing. Hypnobirthing sangat bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit dan tekanan emosi selama persalinan, sehingga ibu lebih tenang dan dapat mengatasi kecemasan yang dialami ibu hamil dalam menghadapi persalinan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan keikutsertaan hypnobirthing dengan tingkat kecemasan ibu hamil dalam menghadapi persalinan. Penelitian ini merupakan peneitian analitik, menggunakan desain penelitian Kohort Retrospektif. Sample penelitian sebesar 20 orang, diambil secara acak menggunakan purposive random sampling. Pengumpulan data meliputi pengisian lembar kuisioner HRS-A. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon dan Mann Whitney Test. Hasil penelitian menunjukkan pada ibu hamil yang mengikuti hypnobirthing dan yang tidak mengikuti hypnobirthing dilakukan pre test dan post test, terdapat perbedaan tingkat kecemasan antara kedua kelompok tersebut yang ditunjukkan dengan nilai p-value 0,005 < 0,05. Selanjutnya, hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara keikutsertaan hypnobirthing dengan penurunan tingkat kecemasan ibu hamil dalam menghadapi persalinan. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil nilai p-value 0,007 < 0,05. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan antara keikutseraan hypnobirthing dengan tingkat kecemasan ibu hamil dalam menghadapi persalinan. Oleh sebab itu, ibu hamil diharapkan lebih meningkatkan kesadaran dalam mencari informasi mengenai metode yang dapat membantu mengurangi tingkat kecemasan dalam masa kehamilan hingga persalinan seperti salah satunya hypnobirthing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 349/ 18 Jay h
Uncontrolled Keywords: Hypnobirthing participation, Anxiety Level, Pregnant Women.
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics > RG1-991 Gynecology and obstetrics > RG500-991 Obstetrics > RG551-591 Pregnancy
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
ADINA FITRA JAYANTI, 101411131092UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorWindhu Purnomo, Dr., dr., M.S.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 01 Dec 2018 13:44
Last Modified: 01 Dec 2018 13:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/76047
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item