PENGARUH ENDORSER TYPE TERHADAP SIKAP KONSUMEN PADA IKLAN, SIKAP KONSUMEN PADA MEREK, DAN NIAT BELI PADA PRODUK LOW DAN HIGH INVOLVEMENT

FEBY FARULLY PRATAMA PUTRA, 041112248 (2018) PENGARUH ENDORSER TYPE TERHADAP SIKAP KONSUMEN PADA IKLAN, SIKAP KONSUMEN PADA MEREK, DAN NIAT BELI PADA PRODUK LOW DAN HIGH INVOLVEMENT. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
B 337-18 Put p.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only until 3 December 2021.

Download (23kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Semakin banyak merek-merek global yang masuk ke pasar Indonesia, membuat para pemasar ini berlomba-lomba menggunakan endorser tidak hanya dari Indonesia, tetapi juga dari luar negeri sebagai endorser di dalam iklan mereka. Pada penelitian ini, selain ingin mengetahui perbedaan pengaruh endorser type, yaitu foreign endorser dan domestic type, juga meneliti tentang bagaimana jenis produk (involvement) mempengaruhi hubungan kausal antara endorser type dengan sikap konsumen pada iklan, sikap konsumen pada merek, dan niat beli. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif menggunakan analisis MANOVA (Multivariate Analysis of Variance) dengan program IBM SPSS dan menggunakan data primer berasal 120 responden yang dibagi menjadi 4 kelompok perlakuan. Berdasarkan hasil penelitian ini, endorser type, yaitu foreign endorser dan domestic endorser tidak berpengaruh secara signifikan terhadap sikap konsumen pada iklan, sikap konsumen pada merek, dan niat beli. Untuk jenis produk (involvement), tidak ada pengaruh secara signifikan dalam memoderasi hubungan kausal endorser type dengan sikap konsumen pada iklan, sikap konsumen pada merek, dan niat beli. Penelitian ini menawarkan kontribusi kepada pemasar bahwa untuk saat ini, telah banyak produk yang menggunakan foreign endorser maupun domestic endorser didalam iklan mereka, sehingga konsumen tidak merasakan adanya perbedaan pengaruh diantara keduanya terhadap sikap konsumen. Penting bagi pemasar adalah membangun personality yang ingin dibentuk untuk citra produk yang ingin ditampilkan kepada konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B.337/18 Put p
Uncontrolled Keywords: Iklan, endorser type, foreign endorser, domestic endorser, Involvement, Sikap Konsumen pada Iklan, Sikap Konsumen pada Merek, Niat Beli
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
H Social Sciences > HF Commerce > HF5437-5444 Purchasing. Selling. Sales personnel. Sales executives
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
FEBY FARULLY PRATAMA PUTRA, 041112248UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorGancar Candra Premananto, Dr. , SE., M.Si.,UNSPECIFIED
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 03 Dec 2018 11:26
Last Modified: 03 Dec 2018 11:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/76065
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item