DESAIN STRATEGY MAPS BALANCED SCORECARD UNTUK MENUNJANG PENGUKURAN KINERJA PEMERINTAH DESA DALAM PENGELOLAAN KEUANGAN DESA BERBASIS KEARIFAN LOKAL (STUDI KASUS DI DESA OLEHSARI, KECAMATAN GLAGAH, KABUPATEN BANYUWANGI)

ROMZI KHARISANTO, 041411535041 (2018) DESAIN STRATEGY MAPS BALANCED SCORECARD UNTUK MENUNJANG PENGUKURAN KINERJA PEMERINTAH DESA DALAM PENGELOLAAN KEUANGAN DESA BERBASIS KEARIFAN LOKAL (STUDI KASUS DI DESA OLEHSARI, KECAMATAN GLAGAH, KABUPATEN BANYUWANGI). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
PSDKU. A. 14-18 Kha d Abstrak.pdf

Download (27kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
PSDKU. A. 14-18 Kha d.pdf
Restricted to Registered users only until 3 December 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Program pengentasan kemiskinan yang digagas oleh Presiden Joko Widodo salah satunya yaitu pengentasan kemiskinan dari desa dengan mengalokasikan dana desa. Dana desa dikelola secara otonomi termasuk dari desa Olehsari. Desa Olehsari merupakan desa di Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi yang memiliki potensi kearifan lokal desa yang dapat dikembangkan. Program kerja pemerintah desa harus memiliki tingkat ukuran pencapaian sehingga dapat dilihat kinerjanya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk melakukan desain Strategy Maps Balanced Scorecard guna menunjang pengukuran kinerja pemerintah desa dalam mengelola keuangan desa berbasis kearifan lokal di Desa Olehsari. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus eksploratori. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu hasil wawancara, dokumentasi, serta observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa desa olehsari memiliki potensi untuk dikembangkan yaitu melalui kesenian Seblang, Gebyar Kacang Unting, Serta Festival Kuliner Bengi lan Lungguh Ngopi. Desain pengukuran kinerja menggunakan Balanced Scorecard melalui beberapa tahapan, yaitu: (1) menentukan tema dan sasaran strategis ke empat perspektif BSC; (2) menyusun peta strategi (strategy maps); (3) tahap identifikasi Balanced Scorecard, (4) melakukan identifikasi action plan atau arah kebijakan. Penelitian ini memiliki keterbatasan dari pihak narasumber, dokumen, serta hanya dapat dinilai di satu desa Olehsari saja. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan kajian dalam pengambilan keputusan mengenai pengukuran kinerja di Desa Olehsari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 PSDKU. A. 14-18 Kha d
Uncontrolled Keywords: Balanced Scorecard, Kearifan Lokal, Keuangan Desa, Pemerintah Desa, Pengukuran Kinerja, Strategy Maps.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 17. PSDKU Banyuwangi > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
ROMZI KHARISANTO, 041411535041UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBasuki, Prof. Drs., M.Com (HONS)., Ph.D., Ak., CMA., CA.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 03 Dec 2018 14:14
Last Modified: 03 Dec 2018 14:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/76090
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item