PERLINDUNGAN HUKUM WAJIB PAJAK TERHADAP SURAT KEPUTUSAN KEBERATAN DALAM SENGKETA PAJAK DAERAH

NADIA PERMATA EKASARI BISINGLASI, S.H, 031624253066 (2018) PERLINDUNGAN HUKUM WAJIB PAJAK TERHADAP SURAT KEPUTUSAN KEBERATAN DALAM SENGKETA PAJAK DAERAH. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (171kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 4 December 2021.

Download (986kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penulisan tesis ini membahas tentang Perlindungan Hukum Wajib Pajak terhadap Surat Keputusan Keberatan dalam Sengketa Pajak Daerah. Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah menjelaskan tentang pengajuan keberatan seharusnya dapat dimanfaatkan oleh wajib pajak untuk menyelesaikan sengketa pajak daerah tanpa harus dilanjutkan ke lembaga Pengadilan Pajak. Dalam konteks dimensi relasi antara para pihak yang bersengketa di Pengadilan Pajak, di mana di dalamnya melibatkan pemerintah selaku fiskus dan rakyat selaku Wajib Pajak, maka Pengadilan Pajak ini semestinya menjalankan fungsi Perlindungan Hukum bagi rakyat di bidang pajak. Hal tersebut didasarkan pada kenyataan bahwa dalam sengketa pajak daerah, yang dijadikan objek sengketa adalah keputusan atau tindakan pemerintah yang tercermin dari keputusan atau tindakan dari Pejabat pada jajaran Kepala Daerah atau pejabat yang berwenang lainnya, yang dipermasalahkan oleh rakyat selaku wajib pajak. Berdasarkan hal tersebut penulis akan melakukan penelitian lebih lanjut mengenai akibat hukum terhadap pengajuan keberatan oleh wajib pajak dalam sengketa pajak daerah dan upaya hukum bagi wajib pajak terhadap surat keputusan keberatan dalam sengketa pajak daerah. Penelitian ini dikualifikasikan sebagai penelitian hukum yuridis normatif dengan tipe penelitian hukum doctrinal research yang menggunakan pendekatan undang-undang, dan pendekatan konseptual. Hal-hal yang dapat disimpulkan dari penelitian ini adalah Akibat hukum atas pengajuan keberatan yang dilakukan oleh Wajib Pajak atas sengketa pajak Daerah adalah dengan diterbitkannya Surat Keputusan Keberatan oleh Kepala Daerah (Gubernur/Bupati/Walikota) yang isi putusannya yaitu mengabulkan keberatan baik untuk sebagian atau seluruhnya, menolak keberatan, atau menambah jumlah pajak terutang. Upaya hukum bagi wajib pajak agar mendapatkan Perlindungan Hukum atas diterbitkannya Surat Keputusan Keberatan dapat dilakukan secara preventif maupun secara represif. Sarana hukum yang dapat digunakan oleh wajib pajak dalam melindungi kepentingannya adalah melalui keberatan dan banding.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK TMK 163/18 Bis p
Uncontrolled Keywords: pajak daerah, surat keputusan keberatan, sengketa pajak daerah
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ2240-5908 Revenue. Taxation. Internal revenue > HJ4919-4936 Capitation. Poll tax
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Kenotariatan
Creators:
CreatorsNIM
NADIA PERMATA EKASARI BISINGLASI, S.H, 031624253066UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDeddy Sutrisno, Dr. , S.H., MH.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 04 Dec 2018 11:11
Last Modified: 04 Dec 2018 11:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/76118
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item