ANALISIS HUBUNGAN DETERMINAN PERILAKU BEROLAHRAGA ANALISIS HUBUNGAN DETERMINAN PERILAKU BEROLAHRAGA DENGAN KEJADIAN DIABETES MELLITUS TIPE 2 (Di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga)

BAGUS PRATAMA SUWARDONO, 101411131105 (2018) ANALISIS HUBUNGAN DETERMINAN PERILAKU BEROLAHRAGA ANALISIS HUBUNGAN DETERMINAN PERILAKU BEROLAHRAGA DENGAN KEJADIAN DIABETES MELLITUS TIPE 2 (Di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK FKM.318-18 Suw a ABSTRAK.pdf

Download (145kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK FKM.318-18 Suw a SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 4 December 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Diabetes Mellitus (DM) adalah penyakit yang meningkatnya kadar glukosa dalam darah, gangguan metabolisme pada protein, lemak, dan karbohidrat yang diakibatkan karena kurangnya hormon insulin. Berdasarkan data POSBINDU 2017 (Pos Pembinaan Terpadu) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga, 11 dari 20 sampel pekerja menderita Diabetes Mellitus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan determinan perilaku berolahraga pada pekerja di Fakultas Kesehatan Masyarakat dengan kejadian diabetes mellitus tipe 2. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian observational dengan pendekatan yang bersifat kuantitatif menggunakan metode cross sectional. Populasi penelitian ini adalah Pekerja di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga yang berusia > 45 tahun sejumlah 89 orang yang terdiri dari tenaga kependidikan dan dosen dimana pemilihan sampel dipilih secara acak dengan membuat daftar nama dari pekerja Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga Surabaya yang berusia diatas 45 tahun. Hasil penelitian menunjukkan Pendidikan terakhir, Pekerjaan, Social support menjadi variabel yang signifikan karena nilai signifikannya lebih kecil dari α (0,05). Variabel Umur, Anggota Keluarga, Jenis Kelamin, Frekuensi Berolahraga, Behavior Intention, Accessibility of Information, Personal Autonomy, dan Action Situation tidak memiliki nilai yang signifikan terhadap kebiasaan berolahraga. Kesimpulan dari penelitian ini adalah determinan faktor Pendidikan terakhir, Pekerjaan dan Social Support memiliki hubungan dengan perilaku berolahraga terhadap kejadian diabetes mellitus tipe II.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.318/18 Suw a
Uncontrolled Keywords: Diabetes Mellitus type II, FKM, Sports
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA639-642 Transmission of disease
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
BAGUS PRATAMA SUWARDONO, 101411131105UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMOHAMMAD ZAINAL FATAH, Dr., Drs., M.S., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 04 Dec 2018 12:47
Last Modified: 04 Dec 2018 13:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/76124
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item