DETERMINAN YANG MEMPENGARUHI PERILAKU SARAPAN PAGI PADA REMAJA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI SIDOARJO

ANGGA SATRIA PRAYOGO, 101411131118 (2018) DETERMINAN YANG MEMPENGARUHI PERILAKU SARAPAN PAGI PADA REMAJA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI SIDOARJO. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK FKM.319-18 Pra d ABSTRAK.pdf

Download (107kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK FKM.319-18 Pra d SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 4 December 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Remaja merupakan sebuah investasi bangsa yang berharga, suatu saat kelak remaja tersebutlah yang akan menjadi penentu arah haluan masa depan bangsa. Namun sekarang ini, kondisi status gizi remaja sangat perlu untuk diperhatikan dan salah satu permasalahan yang menjadi hambatan dalam upaya pemenuhan gizi pada remaja adalah kurangnya kesadaran untuk membiasakan sarapan pagi sebelum memulai aktivitas hariannya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis determinan yang mempengaruhi perilaku sarapan pagi pada remaja di MA Negeri Sidoarjo ditinjau dari variabel determinan perilaku dari Teori Snehendu B. Kar. Penelitian mengenai determinan yang mempengaruhi perilaku sarapan pagi pada remaja di MA Negeri Sidoarjo ini menggunakan metode observasional dengan taraf penelitian jenis analitik. Seluruh data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data berjenis kuantitatif. Jika ditinjau dari pendekatan waktunya, penelitian ini menggunakan jenis penelitian cross-sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh remaja kelas XI dan XII yang terdaftar sebagai siswa aktif di MA Negeri Sidoarjo pada Tahun Ajaran 2018/2019 sebanyak 906 orang, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah sebagian remaja di MA Negeri Sidoarjo yang bersedia untuk menjadi responden penelitian yang berjumlah 442 orang yang berasal dari 12 rombongan belajar. Adapun sampel penelitian ditentukan melalui teknik cluster random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas remaja di MA Negeri Sidoarjo memiliki perilaku sarapan pagi berkategori sedang. Kemudian dari hasil uji regresi ordinal, ditemukan adanya pengaruh niat (dengan nilai Sig. 0,003) , dukungan sosial (dengan nilai Sig. 0,011), keterjangkauan informasi dan layanan (dengan nilai Sig. 0,003), otonomi pribadi (dengan nilai Sig. 0,000), dan situasi yang mendukung (dengan nilai Sig. 0,003) terhadap perilaku sarapan pagi pada remaja di MA Negeri Sidoarjo. Kesimpulan yang dapat ditarik dalam penelitian ini yakni sejumlah determinan yang mempengaruhi perilaku sarapan pagi pada remaja di MA Negeri Sidoarjo adalah niat, dukungan sosial, keterjangkauan informasi dan layanan, otonomi pribadi, dan situasi yang mendukung. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti yakni untuk pihak MA Negeri Sidoarjo, Puskesmas, dan Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo agar dapat melakukan beberapa kegiatan yang bertujuan untuk meingkatkan kesadaran remaja akan pentingnya mengonsumsi sarapan pagi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.319/18 Pra d
Uncontrolled Keywords: Adolescents, Breakfast, Snehendu B. Kar Theory, Senior High School
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ793-799.2 Youth. Adolescents. Teenagers
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
ANGGA SATRIA PRAYOGO, 101411131118UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 04 Dec 2018 13:12
Last Modified: 04 Dec 2018 13:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/76126
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item